Tribunnews Selalu Menduduki Halaman satu Google, Bagaimana Bisa?

Tribunnews Selalu Menduduki Halaman satu Google, Bagaimana Bisa?

Tribunnews merupakan salah satu anak perusahaan dari KG Media yang mengelola portal berita nasional paling banyak diakses di tanah air, ternyata banyak juga para blogger yang mempertanyakan terkait dibalik suksesnya tribunnews yang selalu menduduki page one Google.

Tidak sedikit juga ada yang beranggapan bahwa tribunnews menghalalkan segala cara, teknik seo ekstrim, click bait, serakah keyword dan lucunya lagi pakai pesugihan... wkwkwk%#}£¥?%%.  Mimin sebagai blogger juga terkadang merasa sedih hahaha.

Tetapi penulis sangat berayukur dengan hebatnya tribunnews, sehingga saya bisa membuat sebuah artikel yang mengulas tentang dibalik suksesnya tribunnews dalam membangun konten seo yang bisa page one google versi wibloog.

Baca juga Mengapa Konten SEO itu Penting

Mungkin sebagian pembaca pernah membuka tautan link dari mesin pencari google, dan penasaran dengan judul berita yang ditayangkan oleh tribunnews. Saat dibaca ada sedikit yang aneh dengan isi berita tersebut, salah satunya adalah halaman konten berita multipage atau berhalaman.

Nah itulah salah satu keanehan dari tribunnews mengapa dibuat ada halaman 1,2,3, secara page session menggunakan sistem multipage biasanya sangat rendah. Untuk lebih detail pembahasan mengenai Tribunnews, silakan baca ulasannya dibawah ini.

Nama Subdomain


Nama subdomain tribunnews menjadi salah satu ciri khas utama mereka, yaitu hampir diseluruh kabupaten/kota di tanah air memiliki portal berita contohnya medan.tribunnews, jakarta.tribunnews, jogja.tribunnews, bogor.tribunnews dan seterusnya, dan jumlahnya sangat banyak, ada sekitar 40-an subdomain.

Subdomain Tribunnews

Setiap portal berita tribunnews di kabupaten / kota memberikan sajian berita lokal maupun nasional, sehingga informasi yang berkaitan di kota tersebut bisa di dapat dengan mudah, dan orang-orang yang mencari berita lokal, akan di arahkan ke subdomain tersebut.

CMS Yang di Gunakan

Apa nama platform website yang di gunakan oleh tribunnews ? Jawabnya adalah yang pastinya bukan Blogspot atau Wordpress, portal berita yang digunakan oleh tribunnews merupakan web yang dibangun sendiri oleh mereka dengan meng hire seorang programmer.

Portal berita sekelas kompas, detik, tribunnews mereka membangun dari awal, mulai dari desain halaman depan, detail, kategori hingga sampai halaman admin untuk menulis konten berita.

Apakah ini menjadi salah satu kenapa bisa page one google? Iya benar sekali, karena untuk kebutuhan struktur halaman seperti link, meta, judul, sub judul lebih mudah untuk di customize dalam hal SEO.

SEO Tribunnews


Selanjutnya ini bagian yang paling menarik untuk dibahas, karena kita tahu bahwa saat ini trafik organik dari tribunnews perbulan mencapai 50,4 juta, ini nilai yang cukup fantastis... bombastis..., dan keyword yang sudah dibuat oleh tribunnnews mencapai 1,4 juta dan jumlah backling 13,6 juta.

Nilai tersebut diatas sangat tinggi, dan memang mengingat bahwa mereka memiliki database informasi berita dan artikel yang cukup banyak, bisa jadi mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu jumlahnya.

Berikut dibawah ini poin, yang penulis ulas tentang SEO Page Tribunnews.

  • Secara struktur HTML yang digunakan adalah standar SEO, mulai dari meta deskripsi, link veris mobile dan amp, meta untuk sosial media, tersedia json berita dan organisasi.
  • Isi konten memiliki tautan link internal dan eksternal, terdapat tags berita terkait, penggunaan url halaman, nama web/kategori/thn/bln/tgl/nama-judul (meniru url blogspot), tersedia juga breadcrumb, tidak tersedia komentar internal, hanya menggunakan pihak ketiga yaitu Facebook.
  • SEO Gambar yang digunakan adalah menggunakan ekstensi JPG, memiliki alternate, sudah menggunakan optimasi gambar CDN Network, watrmark dan deskripsi gambar.
  • Halaman detail berita menggunakan multipage atau halaman 1..2..3 dan seterusnya.

 

Dari struktur kode HTML yang di bangun oleh tribunnews sangat maksimal, semua element yang terkait dengan SEO mereka terapkan, akan tetapi penulis mencoba salah satu link tentang otomotif untuk di cek SEO-nya, dan hasilnya 77% dari 100%, dan secara kualitas halaman berita cukup rendah, karena memang sebuah berita tidak membutuhkan panjang-panjang.

Untuk informasi meta dan stuktur halaman mecapai skor 98% dari 100%, link struktur hanya 50%, karena kita tahu bahwa pada halaman detail berita sangat banyak sekali link sugestion.

Mengapa berita tribunnews bisa menduduki page one google? Karena mereka menggunakan jurus pamungkas SEO, mereka menggunakan teknik SEO page yang maksimal baik struktur maupun isi konten, judul berita yang menarik pengunjung dan target keyword yang diinginkan oleh Google.

Satu lagi yang membuat bisa page one google adalah mereka sangat cepat dan pintar melakukan update berita, yang lain masih menggali informasi berita, tribunnews sudah lebih dulu melakukan update berita.

Konten Berita

Konten yang disajikan merupakan berita lokal dari kabupaten / kota dan nasional, bahasa yang di gunakan adalah Indonesia, kategori yang tersedia juga banyak mulai dari peristiwa, bisnis, olahraga, otomotif, lifestyle dan masih banyak lagi.

Konten berita yang dibuat oleh tribunnews sangat berbeda dan bervariasi, contohnya berita breaking news biasanya hanya 1 halaman saja minimal 4 paragraf yang mengandung keyword, dan ini adalah salah satu trik agar berita bisa cepat di publish, setelah beberapa hari baru kemudian di tambah detail kontennya.

Tribunnews juga sangat cerdas dalam memilih keyword yang sedang trend, dan mereka selalu melakukan hal itu demi menarik pengunjung, contohnya cara mudah download drama korea.., link download drama korea.., download drama korea.. nah sampai segitunya mereka membuat konten.

Keyword yang sedang trending ini biasanya mereka buat, dan selalu berhasil menempati halaman pertama Google, dan julmlah klik yang di dapat sangat tinggi.

Mungkin sampai disini saja pembahasan tentang website portal berita tribunnnews, Terima kasih yang sudah mampir di artikel ini, Semoga bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Tribunnews Selalu Menduduki Halaman satu Google, Bagaimana Bisa?"


Tinggalkan Komentar Disini