Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website

Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website
Picture by : freepik.com
07 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Merasa kalau website WordPress lemot dan kinerjanya kurang optimal? Ingin tahu bagaimana cara untuk mempercepat proses loading nya? Permasalahan mengenai website lemot, telah menjadi masalah yang sangat umum. Mengatasi kondisi seperti ini, diperlukan yang namanya optimasi blog Wordpress. 

Optimasi website adalah mempercepat proses loading dan kinerja website agar lebih ringan. Persoalan mengenai optimasi ini menjadi isu penting dan harus dilakukan di setiap website. Jangan menunggu website Anda benar-benar lemot, sehingga pengunjung akan berpindah dan keluar dari blog Anda. 

Bahkan berdasarkan study, sekitar 25% pengunjung hanya akan menghabiskan waktunya 2 - 4 detik saja untuk menunggu loading. Inilah sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan optimasi pada Wordpress.

Cara Optimasi Blog Wordpress
Sebenarnya, cara optimasi website bisa dilakukan dengan mudah. Optimasi blog Wordpress ini hanya memerlukan sedikit pengaturan yang perlu Anda terapkan pada website. 

1. Gunakan Versi PHP Terbaru


Perhatikan untuk selalu menggunakan versi PHP terbaru, serta selalu rutin untuk melakukan pembaruan. Lihat versinya melalui layanan cPanel hosting yang Anda gunakan. Menggunakan PHP versi terbaru menambah keamanan menjadi lebih baik.

2. Pakailah Versi WordPress Terbaru

WordPress menjadi salah satu CMS yang bersifat open source dan bisa dikembangkan oleh setiap orang. Siapapun bisa menjadi developer di sini, sehingga sangat penting selalu melakukan pembaruan versi Wordpress.

3. Menginstal Speed Booster Pack


Cara agar loading cepat website selanjutnya adalah dengan menginstal plugin Speed Booster Pack. Lakukan aktivasi untuk bisa segera menggunakannya. Anda bisa mencari menu ini di bagian kiri dashboard WordPress, lalu lakukan optimasi. Optimasi script dapat dilakukan dari general, advanced, CDN hingga Google Analytics.

4. Optimasi Widget 

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan widget yang ringan dan mempercepat loading. Selain itu, rutinlah untuk memperbarui widget agar terjadi peningkatan kecepatan. Karena kecepatan sebuah website membantu untuk meningkatkan performa pencarian teratas Google.

5. Memilih Hosting yang Tepat


Cara optimasi blog Wordpress selanjutnya adalah dengan memilih cloud hosting yang tepat. Pilih cloud hosting yang menyediakan fitur dan layanan guna mempercepat loading atau optimasi. Contohnya saja seperti adanya fitur cPanel, Selectable all PHP versions and modules, MySQL, SSL, serta fitur-fitur lainnya.

6. Melakukan Optimasi Gambar

Selanjutnya, penting juga untuk melakukan optimasi gambar untuk mempercepat kinerja Wordpress. Perlu Anda tahu, bahwa gambar menjadi salah satu elemen yang cukup berpengaruh pada kecepatan website. Karena gambar memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup memberatkan web Anda. 

Bahkan sekitar 65% dari konten website biasanya didominasi oleh gambar. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan optimasi gambar. Tak kalah pentingnya, pastikan mencari dimensi gambar yang kualitasnya maksimal. Misalkan saja untuk thumbnail dengan ukuran yang medium maupun large. 

7. Optimasi Tema Website 

Memilih tema yang menarik perhatian dan terlihat unik memang tidaklah salah. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah tema tersebut responsif ataukah tidak. Disarankan bagi Anda agar memilih tema yang responsif dan ringan, sehingga tidak mengganggu kecepatan loading website.

8. Aktifkan Caching WordPress

Penting melakukan caching plugin di website WordPresss, contohnya seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, serta WP Super. Kinerja plugin ini adalah dengan membuat file html statis yang mempercepat loading. Selain itu, pilih juga plugin yang menawarkan fungsi ekstra meliputi minify file HTML, CSS, hingga caching browser.

9. Optimasi Database

Website lemot terkadang juga disebabkan kinerja dan database yang makin berat. Contohnya saja seperti semakin banyaknya komentar SPAM, tags tidak penting, hingga terlalu sering melakukan revisi. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan sampah tersebut dengan mengaktifkan plugin WP Optimize.

10. Mengaktifkan Kompresi Gzip

Jangan lupa untuk mengaktifkan kompresi Gzip agar loading website tidak lagi lemot. Kompresi Gzip ini memiliki fungsi dalam memperkecil ukuran file , HTML, website CSS, javascript, xml, json hingga memperkecil data font. Cara ini bahkan juga bermanfaat dalam menghemat bandwidth website. 

Melakukan optimasi blog Wordpress seperti ini, tentu akan meningkatkan kinerja website Anda semakin cepat. Kini, Anda tak perlu khawatir lagi kehilangan pengunjung hanya karena loading yang terlalu lama. Jadi, jangan sepelekan persoalan website yang lemot dan gagal dalam memuat halaman.




Artikel Terkait
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Desain dan Tampilan Blog Yang Menarik itu Penting
Pilih Mana Blog Gado Gado atau Satu Niche
Apakah Profesi Blogger Masih Menjanjikan di Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website"


Tinggalkan Komentar Disini