Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru

Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Picture by : freepik.com
07 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Uang yang digunakan untuk bisnis dengan uang pribadi perlu dipisahkan. Sayangnya para wirausahawan baru masih belum mengerti bagaimana cara melakukannya. Akibatnya beberapa merasakan sulit untuk mengembangkan usahanya. 

Tak hanya itu saja pengelolaan uang dalam usaha yang dirintis juga harus diperhatikan. Untungnya untuk mengatur keuangan kini tak perlu dilakukan secara manual. Anda bisa memanfaatkan teknologi dalam mengaturnya. 

Bagaimana cara lengkap supaya Anda bisa mengatur keuangan dengan baik? Simak tipsnya. 

6 Tips Mengatur Uang Bagi Pengusaha Anyar

Tidak tahu bagaimana mengelola keuangan sangat berbahaya bagi pengusaha. Anda mungkin sudah merekrut karyawan terbaik dan bisa dipercaya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sendiri. 

Anda perlu tahu supaya bisa mengoreksi apakah terdapat kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Tujuannya agar perputaran usaha berjalan dengan lancar dan lebih mudah menentukan target-target selanjutnya. 

Apa saja tips dalam mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan? Ikuti berikut ini.

1. Menciptakan Pembukuan Khusus


Anda harus membuat pembukuan keuangan untuk bisnis secara khusus. Data bisa didapatkan dari aplikasi wirausaha pilihan banyak orang. Melalui aplikasi ini Anda akan mendapatkan data penjualan secara lengkap. Bahkan manajemen keuangan juga bisa didapatkan dari aplikasi ini. 

Tugas Anda adalah menginput data dengan benar sehingga keuangan bisa diolah dalam bentuk tabel atau grafik yang mudah dibaca. Pembukuan ini penting, tujuannya agar Anda tahu berapa pemasukan dan pengeluaran, serta awal dari keuangan bisnis yang sehat. 

2. Membuat Dana Cadangan atau Darurat

Dana darurat harus dimiliki oleh semua pebisnis karena Anda tidak tahu apa saja yang akan terjadi di masa depan. Contohnya saja ketika dunia sedang diterpa oleh virus Covid-19 yang mempengaruhi penjualan secara drastis. 

Turunnya penjualan akan mempengaruhi arus kas sehingga Anda harus menggunakan dana darurat agar bisnis tetap bisa berjalan. Tanpa adanya dana ini keuangan pribadi Anda bisa terambil demi menutupi kerugian bisnis. 

3. Selalu Membayar Tagihan Tepat Waktu


Supaya pembukuan menjadi lebih rapi Anda juga harus membayar semua tagihan tepat waktu. Tagihan adalah kewajiban yang harus dibayarkan, baik itu tagihan dari suplier atau pinjaman dari bank. 

Ketika Anda dengan tepat waktu membayar tagihan, menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik. Kedepannya Anda bisa mendapatkan kemudahan mendapatkan produk dari supplier atau pinjaman modal dari bank.

4. Kenali Aturan Mengenai Perpajakan

Banyak pengusaha yang masih belum tahu peraturan mengenai pajak yang akhirnya merugikan keuangan bisnis. Padahal peraturan perpajakan kini sangat mudah didapatkan dari manapun. Anda harus mencari tahu bagaimana aturan pajak di tempat bisnis berjalan. 

Karena hal ini berhubungan dengan peraturan negara yang sangat riskan. Apalagi jika usaha Anda akan berkembang pesat di masa depan. Otomatis. dampaknya sangat besar dengan kelangsungan perusahaan. 

5. Mempersiapkan Uang Kas Kecil


Disebut juga dengan petty cash, Anda harus mempersiapkan uang ini setiap harinya. Tujuannya adalah untuk membiayai operasional sehari-hari dalam jangka waktu tertentu. Kas kecil ini juga harus dicatat secara detail penggunaannya. 

Adanya kas kecil ini tidak akan mengganggu uang cash yang masuk ke dalam mesin kasir. Begitu juga mengganggu uang yang ada di rekening. Anda hanya perlu memasukan laporan petty cash ini dalam pembukuan di penghujung hari.

6. Mempertahankan Skor Kredit

Bagi Anda yang memulai bisnis dengan meminjam uang di bank, pastikan untuk memiliki skor kredit yang baik. Pastikan Anda membayar kredit secara on time dan tidak ada yang macet. Karena sekali macet akan mengurangi skor kredit Anda.

Jika Anda berencana untuk meminjam uang setelah pinjaman pertama selesai, skor ini akan menjadi bahan pertimbangan dari pihak bank. Mereka akan menguji kelayakan Anda sebagai debitur di masa depan. 

Jadi pastikan bahwa Anda tidak bermasalah dengan kredit di bank manapun sebelumnya. Dengan begitu usaha Anda bisa berjalan dengan lebih baik karena mudah mendapatkan suntikan dana. 

Mengenali bagaimana keuangan dalam bisnis memang tidak bisa dipelajari dalam semalam. Tidak masalah jika Anda melakukan kesalahan karena masih bisa diperbaiki. Supaya lebih mudah Anda juga bisa mencari mentor yang bisa membantu dalam hal keuangan.




Artikel Terkait
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Pinjaman Cepat Tanpa Riba dengan 5 Produk Fintech Syariah Ini!
Pilih Domain .COM atau .NET Untuk Website Usaha dan Bisnis Online Anda
Jual Beli Online Peralatan Mesin Makanan dan Minuman Terlengkap yang Ingin Memulai Usaha Berjualan
7 Buku Panduan Tentang Peternakan Terpopuler yang bisa dijadikan Referensi Usaha
6 Hal Persiapan Jika Ingin Bekerja di Perkantoran Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit
Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Aplikasi Teknologi Finansial (Fintech) di Era Kekinian
Peluang Usaha Co Working Space Bisa Anda Coba

Ada 0 Komentar di "Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru"


Tinggalkan Komentar Disini