Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang

Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Picture by : freepik.com
21 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Setelah libur panjang bersepeda tentunya membuat kita akan sulit mengembalikan performa awal-awal bersepeda, ada rasa canggung untuk memulai rute jalan-jalan yang jauh, dan ini tentunya akan berpengaruh terhadap stamina dan tenaga kita, apakah masih bisa terjaga staminanya selama berbulan-bulan tidak bersepeda.

Jika sudah berhenti bersepeda selama berbulan-bulan ini justru akan sulit memulainya, apalagi kita sudah tidak ada olahraga sama sekali, ini akan membuat Anda akan sulit memulihkan staminanya kembali, dan kita harus memulai seperti awal saat bersepeda.

Setalah libur panjang bersepeda, Anda pasti ada rasa ingin bersepeda lagi, ini adalah hal yang positif untuk memulihkan semangat hobi Anda. Jika sudah hobi bersepeda, akan terasa sangat termotivasi untuk gowes kembali.

Berikut dibawah ini tips bagi Anda yang sudah lama tidak bersepeda, agar lebih bersemangat dan ingin memulai lagi.

1. Bersihkan Sepeda


Sudah lama tak bersepeda mungkin  banyak debu menempel di sepeda Anda, Silakan bersihkan sepeda dengan air dan sabun, agar sepeda Anda terlihat lebih bersih dan kinclong, dengan kondisi sepeda yang bersih kita lebih bersemangat untuk bersepeda.

Setelah di cuci jangan lupa lumasi dengan minyak rantai pada bagian-bagian yang banyak melakukan putaran, seperti pada bagian pedal, rantai, tali rem, dryer dan lain-lainnya sembari di tes performanya.

2. Cek Kondisi BAN

Tips selanjutnya adalah cek kondisi ban sepeda Anda, karena sepeda yang tidak di gunakan selama berbulan-bulan ban sepeda biasa akan lebih cepat gembosnya atau kempes. Silakan isi angin ban sepeda Anda, dengan tekanan angin menyesuaikan kondisi ban.

3. Bersepeda Rute Dekat


Setelah lama tidak bersepeda Akan membuat performa stamina Anda menurun, jadi Anda tidak bisa langsung memulai bersepeda dengan jarak yang jauh. Agar terhindar dari kram atau pegal-pegal, pastikan jarak bersepeda Anda memilih rute yang dekat-dekat saja, maksimal 6 - 8 km sudah cukup.

Fase ini Anda lakukan cukup hanya 1 minggu, karena kita menyesuaikan lagi cara bersepeda Anda, agar tidak canggung saat bersepeda di jalanan. Tahap ini usahakan Anda untuk memulihkan stamina saja, jangan terlalu ngoyo dan terburu-buru, nanti akan pelan-pelan kembali stamina Anda.

4. Minum Minuman Pengganti ION Tubuh

Penting bagi Anda saat melakukan kegiatan bersepeda, jangan lupa bawa air putih saat bersepeda, karena bisa membantu Anda mengurangi dehidrasi saat bersepeda. Jika Anda banyak mengeluarkan keringat saat bersepeda, Anda bisa minum minuman pengganti ION tubuh, agar stamina Anda tetap terjaga dan segar.

5. Pola Makan

Pola makan sehat menjadi hal utama untuk meningkatkan stamina tubuh, seperti makan buah, daging dan sayuran yang memiliki kalori energi yang baik untuk di serap oleh tubuh. Pola makan juga bisa diatur dengan menentukan jadwal makan yang tepat setiap harinya dengan beberapa tambahan makanan alami seperti buah pisang, pepaya, pear, apple, mangga dan lain lain.

Baca juga Tips Menjaga Stamina saat Bersepeda

Minum susu murni sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh mulai dari pertumbuhan tulang, menyehatkan jantung dan membantu pembentukan masa otot, hal ini sangat dianjurkan bagi para pesepeda professional maupun pengguna sepeda harian.

Intinya di awal-awal Anda memulai bersepeda lagi, jangan terlalu memaksa, perlu bertahap dan tidak perlu melakukan perjalanan rute dengan jarak yang jauh, Jika ingin lebih seru lagi saat bersepeda, silakan ajak teman dan keluarga Anda bersepeda, karena bersepeda itu sehat dan menyenangkan.

Demikian artikel ini kami bagikan, Terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat bagi Anda.




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
11 Tempat Rekomendasi Toko Sepeda di Sukabumi
Pilih Mana Bersepeda di Perkotaan atau Pedesaan
Tips Cara Kuat Nanjak Pakai Sepeda Roadbike

Ada 0 Komentar di "Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang"


Tinggalkan Komentar Disini