Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah

Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah

Pohon sawit memiliki produk turunan utama mulai dari CPO (Crude Palm Oil), Kernel dan Cangkang, selain itu kelapa sawit memiliki banyak manfaatnya, seperti daun pelepahnya bisa dijadikan sapu, batang pelepah bisa dijadikan sebagai kayu bakar.

Pohon kelapa sawit bayak di jumpai di daerah Sumatra dan Kalimantan, pohon sawit menjadi salah satu komoditas pilihan utama didaerah tersebut, hingga saat ini masih tetap bertahan.

Baca juga Apakah Bertani sawit masih Menjanjikan?

Minyak goreng yang beredar di pasaran saat ini adalah kebanyakan dihasilkan dari kelapa sawit, minyak goreng kelapa sawit memiliki kandungan Vitamin A dan B, Apakah minyak sawit baik untuk Anda? ada beberapa banyak faktor yang harus kita pahami, contohnya minyak kelapa sawit dan minyak zaitun keduanya dapat mengurangi kolesterol sebanyak 15 persen.

Apakah Pohon Sawit bisa Menghasilkan Gula Merah?


Sawit merupakan pohon yang memiliki kebutuhan air sangat tinggi, perharinya bisa menyerap air hingga mencapai 5 - 10 Liter, pohon kelapa sawit memiliki umur yang sangat lama, karena termasuk dalam kategori tanaman tahunan, hingga mencapai puluhan tahun.

Pohon sawit yang sudah berumur diatas 20 tahunan dan tidak berproduksi secara maksimal, biasanya akan di lakukan replanting atau di tumbang dan akan di tanami kembali, pohon sawit yang ditumbang ternyata bisa menghasilkan air nira dan dapat di buat gula.

air nira dari pohon kelapa sawit yang di tumbang

Ternyata batang pohon kelapa sawit memiliki kandungan Glukosa, seperti pohon aren yang menghasilkan air nira, pohon kelapa sawit juga bisa menghasilkan air nira, dimana pohon yang sudah tidak berproduksi kemudian di tumbang dan disadap.

Cara mengambil air nira kelapa sawit itu berbeda dengan nira pohon aren dan pohon kelapa, karena pohon kelapa sawit harus di tumbang dahulu dan pohon sawit tersebut yang sudah berumur dan tidak berproduksi lagi, dengan memotong pada bagian pohon pucuk kelapa, kemudian di bersihkan hingga tampak umbut kelapanya seperti gambar diatas, selanjutnya Anda tinggal menampung air tetesan tersebut dengan ember dibawahnya.

Berapa Lama Air Nira Kelapa Sawit di Sadap?

Air nira kelapa sawit bisa disadap hingga 30 sampai 40 hari, dan diambil airnya setiap pagi dan sore, setiap pengambilan air nira, batang umbut pohon kelapa tersebut harus di potong tipis, agar dapat menetes kembali air niranya, dan dilakukan setiap akan disadap setiap harinya.

Selama ini pohon kelapa sawit yang di replanting hanya tergeletak saja, dan ternyata bisa dimanfaatkan pohonya untuk di sadap menghasilkan air nira sawit, yang dapat di jadikan gula merah.

Cara Pembuatan Air Nira Kelapa Sawit menjadi Gula Merah


Berikut dibawah ini cara membuat gula merah dari air nira sawit

  1. Siapkan baskom atau tempat untuk menampung air nira sawit, jagan lupa di saring
  2. Masukan air nira sawit ke dalam wajan.
  3. Masak air nira sawit sampai 2 hingga 3 jam.
  4. Untuk menjadi gula merah sawit menjadi keras, Silakan tambahkan gula putih, untuk takaran perbandinganya adalah 1Kg gula putih banding 10 liter air nira.
  5. Aduk air nira sawit hingga berwarna coklat kemerahan, kemudian masukan kedalam cetakan.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah"


Tinggalkan Komentar Disini