Seberapa Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental? Ini Faktanya

Seberapa Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental? Ini Faktanya
Picture by :
09 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Berbicara tentang mental health atau kesehatan mental, hal ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Memiliki fisik yang sehat, tentu Anda bisa melakukan segala kegiatan setiap harinya. Sama halnya dengan mental dan jiwa yang sehat. 

Di mana Anda akan memiliki pikiran yang cenderung positif dan membantu tubuh dalam menjalankan aktivitas. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan kesehatan kejiwaan ini. Mereka beranggapan bahwa kesehatan kejiwaan hanyalah sebatas gangguan skizofrenia. 

Padahal tidak demikian, lantaran ada banyak jenis gangguan terkait kejiwaan yang bisa saja dirasakan setiap orang. Dianjurkan agar setiap orang bisa memelihara dan menjaga kesehatan kejiwaan dan mental dengan baik. Hal ini berkaitan dengan pepatah yang mengatakan bahwa "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental
Menjaga jiwa agar tetap sehat memang sangatlah penting, supaya kehidupan Anda lebih berkualitas. Adapun berbagai alasan lain mengapa tidak hanya kesehatan fisik saja yang perlu diprioritaskan.

1. Suasana Hati Selalu Ceria


Memiliki mental yang sehat tentu akan membuat suasana hati Anda selalu ceria setiap hari. Bahkan saat mengalami masalah pun, Anda tetap bisa melaluinya dengan hari yang lapang. Bersyukurlah bila Anda senantiasa memiliki mental yang selalu terjaga. 

Karena seperti yang kita tahu bahwa ada gangguan mental yang membuat pikiran dan emosi tidak menentu. Contohnya saja seperti depresi, bipolar, serta berbagai gangguan kepribadian lainnya.

2. Kehidupan Sosial yang Lebih Baik

Apabila Anda memiliki mental yang sehat, maka kehidupan sosial juga akan lebih baik dan stabil. Anda bisa lebih mudah melakukan bergaul dan berkomunikasi dengan siapa saja, serta memiliki lingkup pertemanan yang cenderung sehat. Sehingga nantinya, Anda dapat terhindar dari resiko pergaulan yang toxic.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup


Kesehatan mental akan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan seseorang. Baik itu dari aspek kesehatan fisik, pendidikan, pekerjaan dan keuangan yang stabil, dan lain sebagainya. Lain halnya dengan kondisi mental yang terganggu, pastinya hal ini akan sangat mempengaruhi berbagai aspek tersebut.

4. Fisik Lebih Sehat

Orang dengan kondisi mental yang sehat, tentu akan memiliki tubuh fisik yang juga lebih sehat. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan mengenai hal ini. Di mana orang-orang dengan kesehatan kejiwaan yang buruk lebih beresiko terkena penyakit. Contohnya saja seperti resiko kanker, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, gangguan asam lambung, dan lain sebagainya.

5. Menjadi Lebih Produktif


Ketika memiliki mental yang sehat, maka Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik dengan maksimal. Sehingga nantinya Anda bisa menjadi lebih produktif, serta berpikir lebih positif saat dihadapkan pada suatu masalah.

Tips Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, tentu bisa kita simpulkan bahwa kesehatan kejiwaan itu sangatlah penting. Namun, dalam menjaga pikiran dan hati agar tetap sehat itu tidaklah mudah. 

Anda perlu melakukan beberapa hal yang bisa menjaga kondisi mental agar selalu stabil dan memiliki pikiran yang positif. Lantas bagaimana cara mengatasi kesehatan mental? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan beberapa poin berikut.

  1. Habiskan waktu Anda bersama orang-orang yang positif.
  2. Selalu ungkapkan perasaan Anda secara teratur, serta hindari memendam segala sesuatunya sendiri dalam waktu lama.
  3. Kurangilah mengkonsumsi alkohol.
  4. Hindari menggunakan narkoba yang bisa mempengaruhi psikis.
  5. Selalu terapkan gaya hidup sehat setiap hari.
  6. Selalu mengembangkan ide, keterampilan, serta kemampuan Anda untuk meningkatkan kualitas diri.
  7. Selalu luangkan waktu Anda untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang disukai.
  8. Milikilah tujuan hidup yang realistis untuk dicapai ke depannya.
  9. Dapatkan waktu tidur yang baik dan berkualitas, serta tercukupi setiap harinya.
  10. Setidaknya inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Namun jika dirasa kondisi makin parah dan Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, lebih baik segeralah meminta bantuan profesional. 

Terapkan cara menjaga kesehatan mental tersebut, mengingat kondisi mental yang sehat itu sangatlah penting. Karena bagaimanapun juga, kesehatan kejiwaan memiliki pengaruh besar dalam aspek kehidupan. Termasuk untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera, serta fisik yang sehat.




Artikel Terkait
Cara Menjaga Hidup Sehat di Tempat Kerja
Tips Hidup Sehat Bagi Kalangan Anak Remaja
8 Tips Cara Hidup Sehat dengan Menjalankan Kebiasaan Baik
Contoh Rutinitas Yang Membuat Kesehatan Kita Menurun
Cara Menerapkan Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil
Tips Menjaga Hidup Sehat Untuk Orang Tua Lanjut Usia
Tips Menjaga Kesehatan Bagi Pesepeda di Tengah ada Wabah Virus Covid-19 Yang Membahayakan
Tips Sehat Dikantor

Ada 0 Komentar di "Seberapa Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental? Ini Faktanya"


Tinggalkan Komentar Disini