Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda

Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Picture by : freepik.com
16 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Kebutuhan data dan informasi untuk usaha UMKM retail sangat dibutuhkan, apalagi saat ini pekerjaan bisa dilakukan melalui komputer, yang dapat mempercepat sebuah pekerjaan, jika kita perhatikan perusahaan-perusahaan retail penjualan, mereka menggunakan komputerisasi untuk meningkatkan usahanya, apalagi yang sudah memiliki gudang sendiri.

Investasi perangkat server itu sangat penting, karena memang dibutuhkan untuk database penyimpanan data usaha Anda, agar usaha yang Anda miliki bisa berkembang, dan mengikuti tren teknologi komputasi data berbasis server yang terpusat.

Baca juga Kenapa Backup data itu penting

Kenapa harus menggunakan server? Karena data tersimpan terpusat, jika adak kendala pada komputer klien data tidak akan terkena dampaknya, pekerjaan tidak di bebankan ke masing-masing komputer, melainkan komputer server yang bekerja alasanya selanjutnya adalah menampilkan laporan secara periodik dan berkala, kemudian data tersimpan dengan aman.

Jadi pilih yang mana server linux atau windows server, Simak ulasannya dibawah ini.


Pemililhan Server

Secara penggunaan resource dari kedua sistem operasi tersebut adalah sama, karena untuk membangun server skala kecil juga tetap membutuhkan orang-orang yang mengerti kebutuhan server, paling tidak Anda memiliki seorang karyawan yang mengerti administrasi server dan ilmu jaringan.

Berbeda jika Anda membangun server melalui pihak ketiga, Anda cukup mengeluarkan dana untuk pembelian server, setup server dan aplikasi yang di butuhkan. Memang biaya diawal untuk membangun server sangat tinggi, bisa mencapai belasan hingga puluhan juta, tergantung kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak memiliki dana hingga puluhan juta untuk membeli server, Anda cukup bangun super komputer dengan spesifikasi yang mirip-mirip dengan komputer server dengan harga yang lebih miring, artinya Anda bisa membeli perangkatnya di toko-toko komputer.

Apakah komputer spesifikasi biasa bisa di jadikan komputer server? Tentu bisa, akan tetapi durabilitas dan performanya akan jauh berbeda walau sama-sama di install windows server atau linurxserver, selain itu masa pemakaian komputer biasa tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama, jadi Anda harus memprediksikan pergantian server 4-6 tahun sekali, tergantung dengan kebutuhan perusahaan Anda.


Sistem Operasi yang Digunakan

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah penggunaan sistem operasinya, ini yang menjadi pertanyaan banyak orang, pilih windows server atau linux server? ini saya kembalikan kepada perusahaan dan kebutuhan Anda, jika memang budget perusahaan yang Anda memiliki tidak sanggup memberli windows server, pilihan linux adalah yang tepat, karena selain gratis sistem operasi linux server cukup bisa di andalkan.

Sebelum memilih windows server, pastikan Anda tahu bahwa harga windows server itu mencapai ratusan juta, dan Anda harus banar-benar mempertimbangkan hal ini, jika perusahaan Anda memiliki budget yang lebih besar, tidak ada salahnya Anda menggunakan windows server sebagai kebutuhan data perusahaan Anda.

Kedua sistem operasi tersebut ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, akan tetapi apakah biaya yang di keluarkan untuk penggunaan sistem operasi windows maupun linux server itu worthed dengan perusahaan yang Anda bangun sekarang, kalau penulis ditanya, pilih yang mana, tentunya saya pilih linux server karena biaya rendah dan bisa di andalkan untuk skala UMKM.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih juga sudah berkunjung di artikel kami, Semoga ulasan ini bermanfaat.



Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Cara Mengatasi Mysql Fail di Ubuntu Server
Kenapa Saya Pilih Linux, Berikut ini Ulasannya
Kenapa Backup Data Server itu Penting, Berikut ini Ulasannya
Cara Mengaktifkan Apache Mod_Rewrite di Ubuntu Server 20.04
Cara SSH ke Server Menggunakan Terminal di Mac OS
Berikut ini Tips Tahapan Bagi yang Ingin Hijrah dari Windows ke Linux untuk Pemula
Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan
Cara Backup Otomatis Database Mysql di Linux Ubuntu Server 14.04 Menggunakan Crontab
Pilih Microsoft Windows atau Linux bagi Developer Website

Ada 0 Komentar di "Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda"


Tinggalkan Komentar Disini