Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit

Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit
Picture by : freepik.com
23 Desember 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Apakah di perkebunan kelapa sawit membutuhkan Information Technology atau sering disebut dengan kata istilah IT, kita tahu bahwa di perkebunan kelapa sawit banyak melakukan kegiatan di lapangan, seperti panen, langsir buah, pemeliharaan, perbaikan jalan, bengkel dan lain-lain yang tidak ada kaitannya dengan IT.

Mungkin sebagian dari pembaca masih bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya peran teknologi informasi yang dapat membantu mengatur dan memanajemen suatu pekerjaan di sebuah perkebunan, apalagi di perkebunan kelapa sawit yang notabennya jauh dari infra struktur dan pembangunan.

Di lingkungan perkebunan kelapa sawit pada kantor kebun yang mengelola beberapa afdeling, biasa mereka menggunakan alat bantu  komputer untuk mengerjakan pekerjaan seperti produksi panen.

Selanjutnya mari kita ulas bagaimana dan apa saja peran IT di Perkebunan Kelapa Sawit di tanah air, hingga kini bahwa kelapa sawit menjadi salah satu komoditas terbasar di Indonesia.


Jaringan Internet

Apakah di perkebunan kelapa sawit membutuhkan sambungan Internet? Jawabnya "Ya", Segalanya akan menjadi cepat dengan adanya bantuan Internet, akan tetapi di perkebunan memiliki daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan internet, bak pulau yang terpencil, nah biasanya perkebunan kelapa sawit yang memiliki site / afdeling, mereka membangun infrastruktur jaringan internet menggunakan tower dengan sambungan radio.

tower triangle

Kenapa jaringan internet itu diperlukan? Karena data-data disetiap afdeling harus di input melalui aplikasi yang tersambung dengan internet, baik melalui aplikasi perkebunan, email, komunikasi dan lain sebagainnya. Fungsi internet itu sangat penting, karena setiap laporan baik itu data produksi, gaji karyawan, persediaan barang harus di kirim ke HO (Head Office).


Komputer

Komputer merupakan alat bantu untuk mengerjakan pekerjaan baik di kantor afdeling maupung di HO (Head Office), komputer sendiri berfungsi untuk mengolah data baik lewat aplikasi maupun menggunakan Microsoft Office.

Kantor perkebunan terutama di unit / afdeling saat ini sudah sangat modern, karena semua data pekerjaan bisa di kendalikan lewat komputer, sehingga pekerjaan yang banyak bisa di selesaikan dengan cepat.

Finger Print

Alat ini merupakan sebagai alat bantu untuk kebutuhan absensi, baik digunakan karyawan kantor maupun bagian pemanen, fungsi finger print sendiri untuk merekam data absensi masuk dan pulang semua karyawan, agar data absensi tersebut dapat di olah dan di jadikan sebagai referensi Hari Kerja (HK) setiap karyawan.


Switch HUB

Piranti yang satu ini digunakan untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya, baik melalui jaringan internet maupun jaringan lokal.

switch hub

Fungsi utama alat ini adalah, agar komputer dapat terhubung atau berkomunikasi lewat jaringan, biasanya di pakai untuk kebutuhan personal komputer desktop melalui kabel LAN (Local Area Network). Alat ini juga bisa menghubungkan dari beberapa alat seperti finger print.

Printer

Untuk alat cetak mencetak kedalam kertas, biasanya ada dua jenis tipe printer yang di gunakan, jenis yang pertama ini merupakan printer biasa umumnya digunakan, yaitu menggunakan kerta berukuran A4 maupun F4, jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak data laporan maupun berkaitan dengan surat menyurat.

Jenis printer yang kedua adalah model printer dot matrik, printer ini digunakan untuk mencetak transaksi voucher keuangan, baik itu cetak menggunakan kertas blangko maupun continuous form.


IT - Pendukung

IT Pendukung atau sering di istilahkan dengan kata IT-Support adalah orang yang mengerti tentang dunia IT, mengerti tentang perangkat lunak, perangkat keras, sehingga jika terjadi masalah atau troubleshooting di kebun bisa di tangani oleh seorang yang mengerti dibidang komputer.

IT-Support biasanya membantu melakukan perbaikan, atau pengaturan komputer, instalasi jaringan, memasang alat komputer dan lain sebagainya.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Menghitung Premi Pemanen Sistem Borongan di Perkebunan Kelapa Sawit
Daftar Denda Panen Kelapa Sawit
Tren Harga Sawit Kampung di Tahun 2021
Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah
Pilih Mana Sistem DFT atau NFT dalam Berkebun Secara Hidroponik
Apakah Bertani Sawit masih Menjanjikan, Mari Simak Ulasannya
Cara Menghitung Beban Alat Berat dan Kendaraan Lainnya pada Traksi Perkebunan Sawit
Cara Menghitung Premi Pemanen Berdasarkan Komidel Panen
Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit
Peralatan dan Perlengkapan Pemanen Kelapa Sawit yang Perlu Anda Ketahui

Ada 0 Komentar di "Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit"


Tinggalkan Komentar Disini