Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Picture by :
18 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Penggunaan password dan touch ID atau sering disebut dengan finger merapakan hal yang sudah biasa digunakan di smartphone generasi sekarang ini, ini merupakan tahap pertama seseorang ingin menggunakan ponsel mereka. Jutaan bahkan milyaran pengguna password yang di enkripsi di sistem android atau iOS mereka, berguna untuk membatasi orang agar tidak bisa mengakses data di ponsel kita.

Awal-awal perkembangan ponsel memang belum terlalu mengedepan keamanan, karena pada saat itu penggunaan data di ponsel belum sebanyak sekarang, karena notabennya ponsel dulu hanya di gunakan untuk menelpon dan sms.

Saat ini hampir seluruh kegiatan dilakukan melalui smartphone, mulai dari belanja, bayar cicilan, kirim gambar, jualan, bersosial media, kirim email, transaksi mobile banking dan masih banyak lagi.

Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda, karena ponsel sekarang merupakan ponsel pintar, bisa melakukan hal-hal di luar nalar orang yang tidak diketahui dibelakangnya yang perlu proteksi keamanan.


Seberapa amankah ponsel yang Anda gunakan, ini tentunya tergantung dari Anda, apakah Anda menggunakan kata kunci sebagai pembuka ponsel Anda, seperti menggunakan passcode (kode dalam betuk PIN), atau menggunakan touch ID (Fingerprint), atau menggunakan Face ID (Scan Wajah).

Baca juga Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker

Dari opsi penggunaan keamanan tersebut banyak yang sering mengabaikan, karena dianggap ribet dan gak mau repot-repot setiap kali buka ponsel mereka, dan anehnya lagi ponsel yang mereka pakai bisa digunakan orang lain, dipinjamkan sih boleh-boleh saja, tapi hanya tujuan tertentu seperti menelpon, tapi tetap saja harus di awasi.

Jika Anda menggunakan ponsel Android mungkin masih ada kelonggaran dalam hal privacy dan kemanan datanya, tetapi berbeda dengan iPhone besutan Apple yang memiliki tingkat keamanan yang cukup ketat, dan tidak bisa di tolerir sama sekali.

Pentingnya Password dan Touch ID untuk keamanan Ponsel Anda, karena merupakan keamanan sebelum masuk atau menggunakan ponsel, paling tidak ponsel Anda sudah aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, jika ponsel Anda kehilangan, maka tidak bisa langsung di akses data-datanya, melainkan harus di reset dan itupun membutuhkan waktu.


Jika ponsel android Anda belum dilakukan pengaturan kemanan kunci layar, Anda bisa memulainya pada menu Pengaturan>Kunci Layar dimenu ini Anda bisa melakukan pengaturan kunci keamanan ponsel Android Anda.

Kunci Layar

Jika smartphone Anda menggunakan iPhone dari Apple, Anda bisa melakukan pengaturan password dan touch ID melalui Settings > Touch ID & Password, pada menu tersebut Anda bisa melakukan pengaturan penggunaan passcode dan touch ID.

Touch ID dan Passcode

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Cara Buat Link WhatsApp di Website atau Blog
Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker
Berikut ini Kenali Ciri Ciri Password Lemah
Cara Membuat Login Hash Menggunakan Password Verify di PHP
Cara Mengirim Dokumen Menggunakan Email Gmail dengan Mudah
Tips Cara Buat Email yang Keren dan Mudah

Ada 0 Komentar di "Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda"


Tinggalkan Komentar Disini