Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh

Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Picture by : freepik.com
09 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Berbicara soal imun pastinya sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Imun menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk tubuh manusia. Semakin kuat imunnya, maka semakin minim terserang berbagai macam jenis penyakit. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan imun supaya menjadi lebih kuat. 

Apa Itu Sistem Imun?
Sistem imun merupakan sistem kekebalan atau pertahanan tubuh yang memiliki peran dalam mengenal dan menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang merugikan tubuh seseorang. Sistem imun sendiri tidak memiliki tempat khusus di dalam tubuh dan tidak dapat dikontrol oleh otak. 
Sistem imun memilik fungsi untuk mempertahankan tubuh dalam memerangi pathogen.

Disaat pathogen masuk ke dalam tubuh, antigen yang terletak pada dinding sel bakteri organisme akan merangsang sistem imunitas kita untuk menghasilkan antibody untuk melawan dan melindungi tubuh anda. Sistem imun sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu sistem imun nonspesifik dan sistem imun spesifik.

Pada intinya, sistem imun ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Dengan imun yang kuat, maka resiko terjadinya penyakit akan sangat minim terjadi. Sangat penting bagi setiap orang untuk terus meningkatkan imunitas supaya tetap terjaga kesehatannya.

Sistem Imunitas Nonspesifik


Sistem imun nonspesifik disebut juga sebagai kekebalan tubuh dari bawaan. Itu artinya kekebalan tubuh sudah ada dari dalam diri manusia tanpa meningkatkan imun. Sistem imun yang satu ini merupakan garus utama tubuh yang pertama dalam melawan seua pathogen yang masuk ke daam tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh tersebut dapat melakukan pencegahan terhadap peradangan setelah adanya luka atau infeksi yang ada pada tubuh.

Dengan adanya sistem imunitas nonspesifik ini dikarenakan sistem pertahanan pertama pada tubuh tidak bisa membedakan pathogen mana yang masuk ke dalam tubuh. Semua pathogen yang terdeteksi sistem imun lapis pertama nantinya akan dianggap sebagai benda asing yang dapat menggangu tubuh manusia.

Anggota sistem imun ini seperti kulit, membrane mukosa, sel-sel fagosit, protein antimikroba dan inflamasi. Kulit merupakan garis pertahanan yang akan menjadi lapisan dari pathogen yang masuk ke dalam tubuh. Apabila pathogen berhasil menembus kulit, nantinya ada membrane mukosa, sel fakosit, protein antimikroba dan inflamasi sebagai dinding pertahanan kedua pada tubuh.

Dengan ini peran dari imun nonspesifik sangatlah penting. Bilamana imun ini terserang pathogen, berbagai macam luka seperti gatal, bentol-bentol, bengkak, memerah, dan lain sebagainya bisa menyerak tubuh anda. Sistem imun akan berperang melawan pathogen yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Bilamana imun nonspesifik lebih kuat, maka resiko terjadinya penyakit akan minim terjadi.

Sistem Imun Spesifik

Selain imun nonspesifik, ada juga imun spesifik yang merupakan garis pertahanan ketiga. Biasanya pathogen yang sangat kuat mampu menembus pertahanan dari imun nonspesifik. Sehingga, imun tersebut akan melewati garis tubuh secara spesifik dalam waktu yang cepat ke tubuh. Nantinya pathogen harus berhadapan langsung dengan imun spesifik di dalam tubuh.

Sistem imun yang satu ini terdiri dari sel limfosit B, limfosit T, makrofag, dan juga antibody. Dengan adanya ini akan beredar di seluruh tubuh untuk mengatasi pathogen yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Pathogen tersebut sudah siap untuk menembus pertahanan dari imun spesifik tersebut.
Setiap sel yang di dalamnya memiliki lawan sendiri yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem imun spesifik yang masuk ke dalam tubuh bisa langsung mengenali dan menghancurkan pathogen dan antigen hingga habis tak tersisa. Imun spesifik ini juga memiliki ingatan yang tajam, yakni dapat mengingat pathogen yang pernah masuk ke dalam tubuh dan mengalahkan pathogen tersebut. 
Aabila pathogen dan antigen kalah, maka dapat dilakukan serangan kedua.

Untuk sistem pertahanan imunitas ini akan menjadi lebih cepat karena sel-sel yang ada di dalam tubuh seseorang. Seperti halnya virus cacar yang menyerang tubuh lalu sembuh dan virus tersebut ingin menyerang kembali tubuh. Sistem imun yang satu ini sudah tahu bagaimana caranya untuk mengantisipasi penyakit tersebut.

Sangat penting bagi anda untuk meningkatkan imunitas pada diri sendiri. Hal ini bertujuan supaya anda tidak mudah terserang penyakit. Anda bisa meningkatkannya dengan banyak cara seperti olahraga, makan yang bergizi, dan lain sebagainya.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh"


Tinggalkan Komentar Disini