Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi

Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
Picture by : freepik.com
26 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Membangun sebuah sistem informasi tidak terlepas dengan sebuah alur bisnis proses, kita tahu bahwa bisnis proses adalah salah satu cara yang sistematis dan terstruktur untuk menyelesaikan masalah atau membuat sebuah produk. Anda pasti tahu yang namanya Tempe, disana ada step dan alur yang harus dikerjakan untuk menjadi suatu barang jadi makanan dalam bentuk tempe.

Bagaimana bisnis proses jika di terapkan kedalam sistem informasi, ini tentunya tidak mudah dilakukan, akan tetapi yang berkaitan dengan sistematis akan lebih mudah untuk di terapkan.

Pada saat Anda melakukan belanja melalui online shop di salah satu market place, disana ada proses bisnis yang harus di lalui, mulai dari proses pemilihan barang, pembayaran dan shipping agar barang yang di beli sampai ke tangan pembeli.

Berikut di bawah ini beberapa tahapan saat membangun sebuah sistem informasi atau aplikasi dengan menerapkan bisnis proses dalam bidang jasa maupun produk.

Mengumpulkan Informasi


Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya adalah satu cara untuk memabangun sistem informasi, guna untuk mendapatkan alur bisnis yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan agar bisa dilakukan secara sistematis maupun otomatis berdasarkan pengolahan data yang di dapat.

Selain itu data informasi merupakan data pendukung untuk mengambil keputusan dalam menerpakan bisnis proses yang akan di buat, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan di setiap alur bisnis yang di buat.

Informasi yang di kumpulkan adalah termasuk data perhitungan, laporan harian dan laporan-laporan yang akan dijadikan sebagai penyajian laporan yang di butuhkan.

Tanya Jawab / Wawancara

Untuk mengetahui secara umum bisnis proses setiap produk dan jasa kita perlu mendengarkan dari orang yang benar dari ahlinya, bagaimana alur bisnis di mulai dan aturan bagaimana setiap proses secara detail dalam menghasilkan produk atau menyelesaikan masalah.

Selain itu kita bisa menanyakan beberapa pertanyaan yang kita tidak ketahui tentang bisnis proses yang telah berjalan selama ini. Wawancara dan tanya jawab tidak bisa dilakukan satu atau dua hari saja, karena setiap alur bisnis prosesnya pasti akan mendapatkan kendala-kendala yang tidak kita ketahui.

Dokumentasi / Catatan


Informasi yang di kumpulkan dan wawancara / tanya jawab tidak sepenuhnya bisa di rangkum semuanya, maka dari itu kita butuh dokumentasi catatan tentang parameter-parameter yang dapat membantu pembuatan sistem informasi dan aplikasi.

Dokumentasi dan catatan ini nantinya akan membantu kita dalam menerapkan bisnis proses kedalam sistem informasi ataupun aplikasi yang dibuat.

Dokumentasi dan catatan ini sangat penting, agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan implementasi ketika saat sistem yang dibangun akan di uji coba, sebagian besar dari mereka menggunakan diagram atau alur logika algoritma, agar lebih mudah saat penerapan bisnis proses yang dijalankan.

Timeline Pekerjaan

Mulai dari kegiatan mengumpulkan informasi, tanya jawab, dokumentasi dimasukan kedalam timeline pekerjaan. Timeline berfungsi untuk mengatur batas waktu setiap kegiatan yang akan dikerjakan dalam menerapkan bisnis proses dalam informasi teknologi dan aplikasi.

Jadwal timeline ini seperti dateline estimasi waktu pengerjaan, jadi setiap kegiatan memiliki bobot waktu yang berbeda-beda dalam penyelesaiannya, dan ini sebagai ukuran untuk menyelesaikan target pekerjaan.

Menerapkan bisnis proses kedalam sistem informasi atau aplikasi tidaklah mudah, karena setiap alur bisnis memiliki kesulitan yang berbeda-beda, dan ini harus benar-benar orang yang mengetahui betul tentang bisnis proses yang akan di terapkan.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih juga telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi"


Tinggalkan Komentar Disini