Mengenali 4 Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Mengenali 4 Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Kurang percaya diri karena masalah kulit wajah kerap dialami banyak orang. Aneka cara dilakukan untuk mewujudkan kulit wajah sehat dan bersih. Namun tahukan Anda untuk memberikan perawatan kulit maksimal, perlu mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki. 

Jenis kulit wajah manusia berbeda-beda serta dapat berubah karena beberapa faktor seperti pertambahan usia, paparan sinar matahari, debu dan polusi. Kebiasaan kurang sehat konsumsi alkohol dan rokok juga mempengaruhi kulit wajah. Perbedaan jenis wajah ini memungkinkan memiliki masalah kulit berbeda dan perawatan yang juga berbeda.
4 Jenis Kulit Wajah dan perawatan

Mengetahui jenis kulit apa saja yang ada dapat dilihat dari struktur dan jenis kulit, kandungan air, minyak dan tingkat kepekaan kulit. Berikut 4 jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui dan perawatan setiap jenis kulit yang ada:

1. Kulit Wajah Normal


Pertama kulit wajah normal cenderung memiliki keseimbangan tidak terlalu kering atau berminyak.  Sebab kandungan air dan minyak berada dalam jumlah seimbang. Memiliki kelembaban dan kekenyalan kulit yang cukup membuat jenis kulit ini tidak memiliki banyak masalah. Tidak sensitif, pori-pori kecil dan bercahaya.

Produksi minyak tidak berlebih membuat kulit tidak mengkilap sebab minyak alami kulit tersebar merata. Tidak mudah kusam dan tidak mudah terkena iritasi.
Perawatan jenis kulit ini cukup mudah, dengan rajin mencuci wajah dengan kandungan bahan kimia lembut. Hindari menggosok terlalu kasar. Bisa menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

2. Kulit Wajah Kering

Tipe kulit wajah kering umumnya karena memiliki tingkat kelembaban lapisan kulit terluar yang rendah. Penyebabnya bisa karena faktor luar seperti udara yang terlalu kering, cuaca dingin dan paparan sinar matahari berlebih. Beberapa kebiasaan juga bisa menjadi penyebab kulit kering di antaranya, mandi terlalu lama, konsumsi obat-obatan hingga pemakaian produk kecantikan dengan bahan tertentu.

Masalah yang muncul pada kulit wajah kering adalah permukaan kulit kusam dan kasar, pecah-pecah, kurang elastis, bersisik, gatal. Serta mudah iritasi memerah hingga meradang. Karenanya masalah kulit kering ini perlu segera diatasi sebelum semakin parah.

Jenis kulit wajah kering membutuhkan perawatan yang dapat melembapkan kulit. Pilih pembersih dengan kandungan emolien yang melembapkan. Agar lebih maksimal gunakan pelembab agar kulit tidak cepat kering. Selain itu hindari mencuci dengan air hangat serta mandi terlalu lama..

3. Kulit Wajah Berminyak


Kulit memproduksi minyak alami atau sebum oleh kelenjar sebaceous yang terdapat di bawah permukaan kulit. Fungsi sebum adalah untuk menjaga kelembutan kulit. Namun produksi sebum berlebih mengakibatkan kulit wajah mengkilap dan licin.  

Penyebab sebum berlebih bisa disebabkan faktor genetik, perubahan hormon, pertambahan usia dan stres. Masalah yang muncul pada jenis kulit wajah berminyak kulit mengkilap namun kusam, memiliki pori-pori besar, komedo , jerawat dan noda hitam pada wajah.

Jenis kulit ini membutuhkan perawatan  rutin, mulai dari mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun mengandung gliserin atau yang berlabel non-komedogenik. Selain itu gunakan perawatan kulit seperti toner, masker dan sebagainya yang khusus mengatasi kulit berminyak. 

4. Kulit Wajah Kombinasi

Apa itu jenis kulit kombinasi? Kulit wajah kombinasi adalah perpaduan kulit wajah berminyak dan kering. Pada beberapa bagian kulit wajah cenderung berminyak, biasanya pada zona T (area dagu, hidung dan dahi.) Sedangkan kulit wajah pada area pipi bisa mengalami kering atau normal.

Pemilik kulit kombinasi disebabkan oleh faktor genetik atau bisa pula karena peningkatan hormon di masa pubertas. Masalah yang dialami pemilik jenis kulit kombinasi berupa kulit mengkilap, pori-pori besar hingga komedo.

Perawatan kulit wajah kombinasi bisa dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Gunakan produk pembersih dan pelembap khusus untuk jenis kulit kombinasi. Hindari produk pembersih mengandung alkohol, benzoil peroksida dan asam salisilat yang dapat menyebabkan kulit kering  

Itu dia 4 jenis kulit wajah serta cara perawatan yang paling tepat. Kenali jenis kulit Anda untuk dapat memberikan perawatan yang terbaik. Jadikan kulit sehat dan terawat agar kecantikan makin terpancar.

 

Sumber:

 

Demikian informasi ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Mengenali 4 Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya"


Tinggalkan Komentar Disini