Membangun Blog tidak Cukup Hanya bisa Menulis

Membangun Blog tidak Cukup Hanya bisa Menulis
Picture by : freepik.com
13 Maret 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Haloo sobat blogger, disini kami ingin membantu berbagi dan sharing knowledge pengalaman mimin tentang membangun sebuah blog, mungkin di luar sana banyak sekali orang-orang yang lebih mahir dari saya tentang blog, karena membangun blog bukan hanya sekedar tentang tulisan yang di posting.

Sebuah halaman web mencakup beberapa aspek yang di nilai pengunjung itu bagus yaitu mulai dari desain blog atau web, loading website, isi konten dan penempatan tata letak.

Secara tidak langsung bahwa aspek tersebut diatas memiliki dampak user experience pengunjung yang melihat blog kita. Mungkin Anda pernah mendapati sebuah website melalui mesin pencarian Google, kemudian Anda membuka tautan link tersebut, setalah di buka websitenya, Anda merasa kurang nyaman lalu langsung menutupnya.


Wibloog sendiri masih jauh dari sempurna, ya... paling tidak bisa improve tampilan dan loading website agar lebih baik lagi, secara tampilan web sudah menarik dan membuat nyaman pengunjung yang datang.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membangun sebuah blog maupun website yang tidak cukup hanya mengandalkan bisa menulis saja.


Desain Tampilan Web

Membangun sebuah blog atau website tidak terlepas dari yang namanya desain tampilan, untuk membuatnya membutuhkan skill bahasa pemrograman, yaitu html, css dan desain. Jarang sekali seorang blogger memiliki skill seperti ini.

Sebagian blogger biasanya mereka meng hire orang untuk membuat sebuah desain tampilan blog yang bagus, dan ada juga yang membeli sebuah template demi untuk membangun sebuah konten blog.

Apakah tampilan blog atau web yang bagus itu perlu? Jawabanya "Ya", jika Anda mengunjungi sebuah blog atau website tertentu dan mendapati halaman web yang responsive, interaktif, memiliki material desain terbaru, maka Anda tidak akan merasa bosan saat eksplor pada blog atau web tersebut.

Sebaliknya jika tampilan desain blog Anda acak-acakan, tidak responsive, ukuran hurup terlalu kecil, penempatan menu yang kurang sesuai, tidak interaktif, maka ini akan di tinggalkan oleh pengunjungnya.

Loading Website

Kebayang tidak, jika Anda sendang mencari informasi di mesin pencarian Google, kemudian Anda membuka tautan link tersebut, pada saat memuat halaman web terasa sangat lama, sehingga Anda memutuskan untuk menutup halaman tersebut.

Jika terjadi demikian, terlepas dari server yang digunakan, maka Anda harus melakukan beberapa optimasi seperti gunakan scirpt javascript dan css secara minify agar ukuran kilobytenya menjadi kecil, lakukan optimasi gambar yang digunakan dengan di kompres, atau Anda bisa gunakan optimasi CDN gambar via Cloudflare.

Perlu Anda ketahui bahwa, blog atau website yang memiliki loading tercepat akan mempengaruhi rating di mesin pencarian Google, dan Google akan menempatkan blog atau website di posisi teratas yang memiliki loading tercepat.


Konten Blog SEO

Apakah konten blog SEO itu penting? Ya sangat penting, karena konten adalah raja, orang-orang menemukan blog Anda karena isi dari konten tersebut, dengan demikian konten di tulis dengan tujuan dan menjelaskan apa maksud dari judul yang di buat, dan semuanya itu tidak asal-asalan.

Konten blog harus memiliki beberapa keriteria yang harus di penuhi seperti judul, deskripsi konten, gambar, isi konten artikel, keyword, link internal sugestion yang kesemuanya itu menjadi satu kesatuan dalam sebuah konten.

Apakah jumlah kata mempengaruhi kualitas blog? Jawabanya "Ya", akan tetapi apakah itu relevan, mungkin ini berkaitan dengan kualitas dari isi konten blog yang dibuat.

Apakah sebuah konten artikel membutuhkan gambar? Jawabnya "Ya", gambar itu bisa mewaklli dari isi konten, sehingga pengunjung yang melihat akan tertarik dengan konten yang di publikasikan. Mencari stok gambar gratis yang sesuai dengan konten artikel itu tidak mudah, Anda harus mencari gambar yang benar-benar free yang bisa dipakai, pada artikel ini penulis menggunakan stok photo dari freepik.com.

Baca juga 10 Tag Meta Paling Penting yang Harus Anda Ketahui untuk SEO

Penulisan artikel yang mudah di baca, itu biasanya di ulas dalam satu paragraph, nah dalam satu paragraph itu tidak membutuhkan kata-kata yang panjang, idealnya adalah 4 hingga 5 baris dengan penyapaian yang lengkap dan utuh.

Update Informasi Google

Informasi yang terakhir adalah update informasi google, jika Anda membangun sebuah blog tidak terlepas yang namanya Google, kita harus bergantung dengan Google, karena konten artikel yang di posting itu nantinya akan di index di Google, sehingga konten kita bisa di temukan di mesin pencarian Google.

Selain itu kita harus mempelajari tentang algoritma google, karena ini berkaitan dengan aturan dan cara google menemukan topik keyword yang relevan di hasil pencarian Google.

Google sendiri merupakan mesin pencari yang sangat populer, dan ini menjadi tumpuan bagi para blogger untuk mengembangkan blog Anda, karena blog Anda di temukan karena adanya mesin pencarian Google.


Demikian ulasan ini kami bagikan, Masih banyak lagi yang harus di ketahui tentang membangun blog, dan bukan hanya sekedar tulisan yang di poting di blog. Terima kasih  telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait
Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog
Sulitnya Konsisten jadi Blogger
Fakta Menarik tentang Google AdSense dan Manfaatnya
5 Alasan Kenapa Blog Anda di Tolak Google AdSense
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Tren Blogger Beralih ke Youtube
Antara Blog dan Google AdSense
Apakah Jumlah Kata Mempengaruhi Faktor Kualitas Blog
Tantangan Berat Jadi seorang Blogger
Cari tahu Dari Mana Penghasilan Seorang Blogger

Ada 0 Komentar di "Membangun Blog tidak Cukup Hanya bisa Menulis"


Tinggalkan Komentar Disini