Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger
Picture by : freepik.com
14 Maret 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Melakukan Kesalahan, saya kira semua sepakat tidak ada satupun dari kita yang ingin melakukannya. terlebih saat melakoni sebuah Profesi, apapun jenis dan bentuk profesi serta kesalahan yang dibuat, begitu pula sebagai seorang blogger seperti saya.

Berikut dibawah ini beberapa kesalahan yang sering di lakukan para blogger, baik bagi pemula maupun mastah, dan jenis kesalahan fatal yang sebaiknya dihindari dan jangan diulangi.

1. Copy Paste


Melakukan Kesalahan dalam melakoni Profesi seperti blogger memang kerap sulit untuk dihindari. hanya saja yang membedakan adalah jenis dan intensitas dari kesalahan tersebut selama dilakukan.

Contoh yang sering terlihat dari para blogger adalah Copy Paste hasil konten. dan ini merupakan hal yang untuk saya pribadi selalu coba sekuat mungkin untuk dihindari.

Copy Paste bagi saya pribadi Ibarat "Handuk Putih yang dilempar ke Ring Tinju" sebagai tanda menyerah dan kekalahan dari kita.

Sinyal bahaya serta waspada yang hadir kediri seorang blogger salah satunya bagi saya adalah ketika sudah mulai melakukan Copy Paste Konten, imbasnya adalah hilangnya kepercayaan dari para pembaca dan pengunjung blog kita nantinya. akan sangat mudah bagi mereka meninggalkan website kita dan menuju sumber utama dari tulisan artikel aslinya.

Cara teraman bagi seorang blogger jika tertarik oleh tema tertentu bukanlah melakukan copy paste, melainkan terapkan konsep ATM.

Apa itu ATM? ATM adalah akronim dari (Amati, Tiru, Modifikasi). bukan sebuah hal mudah, namun tidak juga sulit selama anda mau terus belajar dan menggali ilmu dan pengalaman dari banyak sumber dan orang.

Hal ini kerap dilakukan oleh banyak Blogger berpengalaman. karena Tema tertentu selalu punya celah dan rongga besar yang belum terisi untuk menjadi sebuah pengetahuan yang sempurna.

Seperti tulisan yang saya buat ini contohnya, beberapa hal diluar ini saya yakin akan bisa diisi atau ditambahkan beberapa pixel dan bagian tertentu untuk menjadi jauh lebih sempurna kedepannya.

Note : tidak masalah jika kita memiliki judul atau tema yang sama, yang menjadi masalah adalah judul yang berbeda tapi isi yang sama.

2. Tidak Konsisten dalam Membuat Konten

Tidak bisa konsisten dalam menciptakan dan memposting artikel adalah rintangan utama yang umum dilakukan oleh para blogger baik yang lama maupun pemula, banyak hal yang mempengaruhi inkonsistensi tersebut, salah satunya barangkali karena beberapa blogger seperti saya yang memiliki pekerjaan tetap diluar menjadi seorang konten kreator di dunia blogging.

Hanya saja, sebaiknya ketidak konsistenan itu segera untuk dihindari dan diubah secepat mungkin, demi pengunjung yang juga konsisten hadir ke website milik kita. Sebaiknya buatlah jadwal yang jelas dan teratur yang bisa kalian jalankan dalam membuat dan memposting sebuah konten dalam website milik kalian.

Karena dengan melakukan hal kecil berupa jadwal posting yang jelas dan teratur akan menjadikan para pengunjung dan pembaca setia tau kapan harus membuka dan mengunjungi portal online milik anda.

Konisten menulis dan memposting artikel tidak mesti harus dilakukan setiap hari, anda bisa membuat jadwal dua atau tiga hari sekali. atau tentukan setiap hari apa saja akan memposting artikel baru.

Asalkan jangan dalam jangka waktu yang terlampau lama, seperti sebulan sekali misalnya. karena bisa-bisa orang keburu lari untuk berkunjung dan berlangganan artikel ke website lain. seperti ke semangkablog.com contohnya.

Maka dari itu, tentukan mulai sekarang jadwal seperti apa yang cocok bagi diri dan kesibukan anda untuk membuat konten dan postingan diluar jadwal dan pekerjaan pokok lainnya.

Baca juga informasi menarik tentang Penghambat Kemajuan seorang Blogger  dari cakaap.com

3. Menipu dengan Judul (Clickbait)


Bahasa kerennya dijaman sekarang ini adalah clickbait. memang hal ini bukanlah sesuatu yang haram untuk dilakukan, namun bagi saya merupakan suatu hal yang nista untuk dikerjakan.

Melakukan tindakan clickbait atau menipu lewat judul bagi saya sama saja mengakui secara langsung dari lubuk hati yang paling dalam bahwa konten yang kita ciptakan adalah konten buruk bin tidak berkualitas.

Lalu, apa imbasnya bagi blog kita saat seseorang merasa tertipu dengan judul yang kita buat. padahal isinya jauh dari yang diharapkan oleh mereka pastinya. Tentu, anggapan negatif para pengunjung akan mempengaruhi tren website milik kita kepada orang lain. yang bisa jadi, imbasnya kepada jumlah pengunjung yang menurun drastis.

Kita akan terkenal sebagai portal informasi online yang hanya mementingkan jumlah pengunjung semata ketimbang isi konten yang berkualitas. Toh, jika kita memang yakin dengan apa yang kita buat kenapa harus memberi judul yang tidak sesuai hanya untuk memikat para pengunjung dan pembaca? tentu seorang blogger cerdas tidak akan melakukan hal nista tersebut.

4. Berorientasi terhadap Hasil bukan Waktu

Terlalu berambisi untuk bisa menghasilkan pundi pundi rupiah ataupun dolar dalam jangka waktu yang singkat. Sehingga melupakan, bahwa semua itu butuh waktu dan proses dalam jangka waktu yang tidak sebentar pula. 

Tidak ada yang salah dengan berorientasi terhadap hasil, hanya yang salah adalah merasa tidak punya waktu cukup untuk sabar mendapatkannya.

Walhasil, melakukan beberapa tindakan haram seperti blackhat ataupun melakukan klik iklan di website sendiri. saat terjun kedalamnya, jangankan langsung memiliki penghasilan sebulan setelahnya. karena bisa jadi anda belum tentu mendapatkan penghasilan setahun kemudian.

Dunia blogging bukan seperti dunia kerja profesional konvensional seperti yang kita kenal lebih banyak selama ini. Butuh kesabaran, konsistensi, inovasi, beragam imajinasi, dan motivasi untuk bisa mencapai hal yang diinginkan. dan itu semua butuh kesabaran untuk dibangun secara sempurna.

Bahkan beberapa dari ilmu ekonomi seperti pemasaran dan promosi perlu dilakukan didalam dunia blogging. itu sebabnya bagi saya dan beberapa teman sesama blogger, kami selalu menganggap bahwa menjadi blogger adalah profesi yang kompleks.

Anda tidak hanya memerlukan dan membutuhkan keahlian menulis dan merangkai kata-kata. tapi anda juga harus terus kritis terhadap apa yang diinginkan oleh para pembaca dan pengunjung blog anda.

Karena mengutamakan kepentingan dan kebutuhan para pengunjung dan pembaca adalah jalan utama untuk anda mendapatkan apa yang diharapkan dari kegiatan blogging. tidak melulu menuruti ego dan idealisme semata.

Ibarat kata, jika anda ingin menjadi seorang blogger yang idealis. maka pastikan terlebih dahulu bahwa penghasilan, tenaga dan upaya yang telah anda salurkan didalam blogging telah setimpal cukup untuk menafkahi ke idealisan diri anda.

5. Terlalu Mudah Putus Asa.

Saya yakin Sebagian dari Kalian pasti akan langsung sadar kenapa Terlalu Mudah Putus Asa saya letakkan di urutan Terakhir, karena setelah membaca kesalahan 1 sampai ke 4 diatas. kalian barangkali sudah merasakan keputus asaan itu sendiri saat ini, bahkan sebelum mencoba memulai blogging.

Mencari Judul, memikirkan Ide Tulisan, Merangkai Kata sampai Kalimat, menjaga konsistensi dalam  melakukannya sampai bersabar dengan Proses untuk hasilnya bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Tapi, jika sudah sekali berkeinginan apalagi mulai terjun kedalamnya. maka putus asa semestinya bukanlah pilihan selanjutnya.

Memulai sesuatu itu mudah. mengakhirinya menjadi sesuatu yang jauh lebih mudah lagi. tapi mampu bertahan untuk melakukannya secara terus menerus. butuh keteguhan hati dan mental yang lebih kuat dari baja.

Entah itu dalam dunia blogging atau apapun pilihan yang kelak anda putuskan untuk diri dan kehidupan pribadi anda. sedikit nasihat dari saya, jangan pernah ber putus asa. jadikan putus asa sebuah takhayul dalam kehidupan anda. akhir kata, salam sukses blogger indonesia.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga tulisan ini membantu Anda untuk lebih semangat lagi membangun konten yang berkualitas, Terima kasih juga sudah mampir di artikel ini, Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website
Desain dan Tampilan Blog Yang Menarik itu Penting
Pilih Mana Blog Gado Gado atau Satu Niche
Apakah Profesi Blogger Masih Menjanjikan di Tahun 2021
Cara Buat Link WhatsApp di Website atau Blog
Realita Jadi Seorang Programmer

Ada 0 Komentar di "Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger"


Tinggalkan Komentar Disini