Kenapa Saya Pilih Linux, Berikut ini Ulasannya

Kenapa Saya Pilih Linux, Berikut ini Ulasannya
Picture by : wibloog.com
28 Januari 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Haloo.. sobat linuxer, hari ini mimin akan mengulas tentang kenapa saya pilih linux sebagai sistem operasi komputer yang saya pakai sehari-hari, mungkin sebagian pembaca sudah nyaman menggunakan windows atau mcOS, sehingga memilih linux sebagai sistem operasi utamanya harus berpikir dua kali.

Pertama sekali menggunakan linux pada tahun 2008, iya bener tahun itu, dan waktu itu menggunakan ubuntu 8.04, dan memang pada waktu itu penasaran, bagaimana sih menggunakan sistem operasi linux, dan ternyata sangat berbeda dengan windows.

Baca juga Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan

Pengguna sistem operasi linux memang jumlahnya tidak banyak, bisa dibilang sedikit, jika dibandingkan dengan windows sangat jauh sekali, jika di persentasikan jumlah dari pengguna yaitu Windows (76.6%), macOS (17.1%), Linux (1.9%) pada akhir Desember 2020 lalu, statistiknya bisa Anda lihat dibawah ini.

Statistik Pengguna Windows, Linux dan MacOS

Sumber gambar dari : statista

Distro Linux yang di Gunakan


Awal - awal perkembangan linux mimin menggunakan distro linux ubuntu, kemudian linux semakin berkembang di tanah air, sampai hampir di setiap kota ada komunitas pengguna linux, dan tidak ketinggalan seperti kampus perguruan tinggi mereka juga membentuk sebuah komunitas pengguna linux.

Kita tahu bahwa linux adalah sistem opersi open source, siapa saja bisa menggunakan os ini tanpa di pungut biaya sama sekali, nah ini yang menjadi poin kenapa sistem operasi linux banyak di pakai dan berkembang.

Distro linux yang paling mimin suka itu adalah Pear OS, ini salah satu distro linux yang memiliki tampilan yang simpel mirip dengan macOS, dan kini distro tersebut sudah tidak dikembangkan lagi, bahwa distro linux pear os telah di beli oleh sebuah perusahaan yang tidak di sebutkan namanya.

Saat ini mimin menggunakan linux elementary OS, menurut mimin ini adalah salah satu distro linux yang paling simpel setelah pear OS, dan memiliki desain yang elegan, basis distro ini di ambil dari linux ubuntu.

Alasan Kenapa Pakai Linux

Orang menggunakan sistem operasi linux pasti ada alasan dan mengapa menggunakan linux, padahal kita tahu bahwa os selain linux seperti windows paling banyak di pakai, berikut dibawah ini alasan kenapa saya menggunakan linux.

  1. Poin yang pertama adalah sistem operasi linux merupakakan OS yang paling enak untuk di pakai koding, tidak heran apabila banyak seorang programmer menggunakan linux sebagai sistem operasinya, mimin sendiri sangat nyaman menggunakan linux saat melakukan coding.
  2. Poin yang kedua adalah kita tidak perlu takut dengan adanya serangan virus, pakai linux kita tidak perlu ribet-ribet menggunakan sebuah anti virus, karena orang tidak tertarik untuk menciptakan sebuah virus di linux.
  3. Resource dan apikasi yang kita gunakan gratis, tidak perlu beli lisensi sebuah aplikasi, tetapi ada juga sebagian aplikasi yang berbayar untuk versi pronya.
  4. Alasan selanjutnya adalah berhenti untuk membajak sebuah software, ini adalah hal yang menjadi perhatian bagi pembaca, karena membajak sebuah software bisa kena sanksi denda oleh pemilik software, dan ini sudah sering terjadi.
  5. Menggunakan linux tidak condong ke arah main game, walau di linux ada beberapa game yang bisa kita mainkan, menggunakan linux bisa lebih produktif untuk belajar coding.
  6. Alasan mimin yang terakhir adalah karena dari awal memang tertarik dengan sistem operasi linux, lebih seru untuk mengulik perkembangan linux, dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.


Baiklah.., demikian ulasan ini dibagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan seputar linux, bisa kirimkan komentar dibawah ini.




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Berikut ini Tips Tahapan Bagi yang Ingin Hijrah dari Windows ke Linux untuk Pemula
Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan
Cara Backup Otomatis Database Mysql di Linux Ubuntu Server 14.04 Menggunakan Crontab
Pilih Microsoft Windows atau Linux bagi Developer Website
WPS Office Community Alternatif Microsoft Office di Linux

Ada 0 Komentar di "Kenapa Saya Pilih Linux, Berikut ini Ulasannya"


Tinggalkan Komentar Disini