Kenapa Backup Data Server itu Penting, Berikut ini Ulasannya

Kenapa Backup Data Server itu Penting, Berikut ini Ulasannya

Kehilangan data pada sebuah komputer adalah hal yang bisa saja terjadi baik itu di penggunaan komputer pc, laptop, maupun komputer server, kenapa hal ini bisa terjadi? banyak faktor dan penyebab kenapa bisa saja terjadi, yang paling fatal adalah kerusakan pada penyimpanan data.

Fungsi backup data adalah untuk melindungi data ke media penyimpanan yang lain, dengan cara menyalin / mengcopy ketempat media penyimpanan yang lebih aman.

Mungkin sebagain pembaca berpikir kenapa harus di simpan di media yang lain, kenapa tidak di simpan di komputer tersebut saja, dan repot-repot menyimpannya ke media yang lain.

Contoh hal hal kecil saja, jika Anda seorang karyawan yang bekerja sebagai administrator kantor, yang mengurusi data laporan keuangan, dimana Anda membuatnya di excel selama berbulan-bulan, dan laporan tersebut anggap Anda penting, nah.. yang pastinya Anda tidak ingin data tersebut hilang gara-gara hal yang sepele, seperti hardisk rusak, data corrupt ataupun terkena virus.

Apalagi perusahaan-perusahaa besar yang memiliki database server dan layanan aplikasi, yang pastinya mereka memikirkan tentang backup data, ini mungkin sedikit repot, akan tetapi backup data adalah langkah yang tepat, walau memang membutuhkan resource yang besar.

Waktu Backup


Waktu Backup data server itu biasanya memiliki schedule dan jam jam tertentu, biasanya dalam siklus harian, ada yang menggunakan otomatis backup pada jam-jam tengah malam, hal ini memang agar tidak mengganggu aktivitas server itu sendiri.

Terkadang backup data server tidak harus satu kali dalam sehari, bisa saja backup data server itu 2 sampai 3 kali dalam sehari, hal ini dikarenakan memang aktivitas data yang masuk ke dalam database sangat tinggi.

Semakin banyak intensites backup, maka akan memiliki banyak pilihan data backup yang dibutuhkan, karena kita tidak tahu memprediksi kapan terjadinya masalah pada komputer server, sehingga saat terjadi masalah kita memiliki data backup pilihan waktu yang sesuai untuk di restore kembali.

Media Penyimpanan Backup Data

Media penyimpanan yang dipakai untuk backup data server itu bermacam-macam, ada yang menggunakan media penyimpanan hdd eksternal, hardisk, flasdisk dan sebagainya yang disimpan secara terpisah dari server.

Baca juga Cara Backup Otomatis Database Mysql di Ubntu Server 

Selain media penyimpanan eksternal, backup data server bisa juga di simpan di cloud server, dimana kita bisa memanfaatkan Google Drive sebagai tempat data backup dari server, nah jika tidak memungkinkan space yang digunakan, kita bisa upgrade storage penyimpanan.

Pertanyaanya kenapa backup data di cloud server? Ini salah satu metode yang aman, karena kita tahu bahwa data yang disimpan di server Google dapat diakses kapan saja, dan kita tidak perlu khawatir akan kehilangan data.

Komputer Server Cadangan


Apakah perlu menggunakan komputer server cadangan sebagai langkah backup, agar akses dapat cepat pulih kembali, hal ini mungkin bisa saja dibuat, akan tetapi ini memang membutuhkan recource yang besar, karena spesifikasi perangkat server yang digunakan hampir persis dengan komputer server utama.

Jika terjadi masalah komputer server utama, bisa menggunakan komputer server cadangan, dan ini sipatnya adalah tidak lama, hanya menunggu proses server utama selesai diperbaiki, baik itu pergantian perangkat maupun install ulang.

Masalah Backup Data Server

Backup data server tidak selalu berjalan dengan hasil yang di inginkan, karena bisa saja saat terjadi backup terjadi data corrupt, sehingga data yang akan di import mengalami masalah part file yang akan di gunakan.

Masalah selanjutnya sering terjadi adalah backup data yang di inginkan tidak sesuai, ini biasanya dikarenakan backup data yang digunakan data lama, ini disebabkan intensitas backup data server tidak rutin, sehingga harus melakukan input ulang data ke dalam database lewat aplikasi yang digunakan.

Masalah lain adalah tidak adanya komputer server cadangan, sehingga pekerjaan akan tertunda, dikarenkan pengerjaan atau perbaikan komputer server, apabila komputer server yang digunakan dilakukan pergantian perangkat seperti memori atau perangkat lain, itu tidak membutuhkan waktu lama, jika pergantian perangkat seperti hardisk, ini akan membutuhkan waktu lama, karena untuk install dan konfigurasi server biasanya tidak cukup 1 hari.

Hal yang paling penting dalam sebuah komputer server adalah sering-sering melakukan backup data, hal ini sangat penting, apalagi sebuah perusahaan yang memang menggunakan server sendiri untuk kebutuhan data baik itu laporan keuangan, produksi, pemasaran dan lain sebagainya.

Saran mimin silakan backup data dan disimpan ke cloud server yang lebih aman, karena saat ini banyak penyedia layanan cloud server, salah satunya adalah Google.

Demikian artikel ini kami sampaikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Kenapa Backup Data Server itu Penting, Berikut ini Ulasannya"


Tinggalkan Komentar Disini