Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya

Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Picture by : wibloog.com
02 Desember 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Motor Yamaha Vixion salah satu motor sport yang sudah lama mengaspal di tanah air, sudah mengalami perubahan lima generasi sejak kemunculannya di tahun 2007, motor ini banyak di gemari kalangan anak muda, karena motor ini memiliki body dan desain yang sangat sporty.

Motor Yamaha Vixion di bekali sistem full injeksi, dimana sistem pembakarannya di kontrol oleh perangkat elektronik yaitu ECU (Engine Control Unit), tak hanya mengatur injeksi saja, alat ini berfungsi sebagai pusat untuk menerima input dari semua bagian komponen mesin.

Lampu indikator injeksi menyala menandakan ada masalah dengan sistem kelistrikan yang ada pada motor, kita tidak tau apa sebenarnya lampu injeksi berkedip, membuat kita merasa bingung dan apa penyembab dari masalah tersebut.


Penyebab dan Masalah

Apakah Anda salah satu yang pernah mengalami hal tersebut, lampu menyala biasanya dikarenakan tegangan voltase baterai menurun, hal ini disebabkan komponen baterai pada motor sudah mulai ngedrop, dan akan berpengaruh pada komponen kelistrikan.

Baterai motor Yamaha Vixion yang sudah mulai ngedrop akan berdampak pada sistem injeksi motor, karena semua komponen injeksi mulai dari Injektor, Aki tangki, Fuel pump, Coolant temparature sensor dan kawan-kawannya membutuhkan tenaga listrik.

Penyebab paling utama kenapa lampu indikator injeksi menyala yaitu ada beberapa komponen yang malfungsi, artinya komponen yang tidak dapat bekerja secara maksimal, dikarenakan permintaan daya dari 12 Volt menjadi 10 Volt, ini menyebabkan komponen bisa terjadi rusak.


Sulitnya Mencari Komponen yang Rusak

Teknologi yang di sematkan pada motor Yamaha Vixion berbeda dengan toknologi motor-motor lama, dimana untuk pengecekan komponen sistem injeksi harus menggunakan alat seperti komputer, dengan sistem yang disediakan oleh pihak Yamaha Motor.

Apakah bisa di deteksi dengan cara manual? Jawabanya "Tidak" kita tidak bisa menyimpulkan atau menebak-nebak bagian komponen yang rusak, karena komponen tersebut berbentuk bentuk chip atau rangkaian elektronik, dimana pengecekannya harus melalui media komputer dan kabel data tertentu.

Apakah motor masih bisa dibawa dalam keadaan lampu idikator menyala? Jawabanya "Bisa" asalkan motor yang digunakan tidak menimbulkan masalah seperti mesin tidak bisa di kick starter, mati mendadak, itu masih bisa di gunakan, hanya saja indikator lampu injeksi tetap menyala.

Bagaimana cara untuk mendeteksi masalah tersebut? sebagai pemilik motor pasti merasa was-was apa yang telah terjadi dengan motornya, dikarenakan ada masalah dengan lampu indikator injeksi, untuk pengecekannya Anda bisa bawa motor ketempat servis resmi Yamaha Motor terdekat, dan memberi tahu ada masalah dengan lampu indikator injeksi.

Salah satu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem inejksi atau kelistrikan pada motor Yamaha Vixion, silakan lakukan pengecekan daya baterai motor Anda, apakah dalam keadaan masih bagus atau tidak, karena baterai adalah salah satu bagian penting dari motor yang menggunakan sistem injeksi.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga dapat membantu para pembaca.



Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya"


Tinggalkan Komentar Disini