Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas

Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Picture by : freepik.com
02 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Halo sobat goweser, Bagaimana bersepeda akhir pekan Anda, pasti menyenangkan. Kali ini penulis akan berbagi pengalaman bersepeda dijalan perkotaan atau di jalan raya, yang notabennya banyak sekali kendaraan umum berseliweran dijalan bahkan dijalanan macet.

Semakin hari semakin banyak pengguna sepeda di jalanan di berbagai kota maupun daerah, ini merupakan tren yang positif untuk meningkatkan gaya hidup sehat, mungkin dari sebagian pembaca ada yang ke kantor naik sepeda, ada juga bersepeda di akhir pekan, bersepeda santai dengan kerabat, dan iseng bersepeda bareng teman dan komunitas.

Saat bersepeda di jalan raya atau di daerah perkotaan yang ramai pengguna jalan, ini tentunya menjadi perhatian bagi pesepeda, karena kita tau pada saat bersepeda di jalan raya ada etika dan aturan yang harus di patuhi..

Ada rambu-rambu dan marka jalan yang harus kita ikuti, tidak serta-merta kita bebas begitu saja saat melitasi jalan raya saat bersepeda. Dijalan-jalan ibukota tentunya sudah di sediakan jalur khusus bagi pesepeda, agar bagi pengguna jalan semakin tertip dan tentunya aman dan nyaman saat bersepeda.

 


Bagaimana jika Anda melewati jalan yang tidak ada jalur khusus sepeda? Silakan Anda ambil jalur lambat atau sering di sebut jalur kiri, sehingga Anda tidak menggangu para pengguna jalan lainnya seperti bus, mobil dan motor saat bersepeda.

Nah biasanya kalau para pesepeda yang sudah terbiasa dijalan raya atau ibukota, mereka pasti paham dan kebanyakan orang banyak yang simpatik, karena sama-sama menggunakan jalur yang benar, nah ini biasanya para pengguna jalan lainnya lebih aware terhadap pesepeda.

Berbeda jika Anda menggunakan jalan yang tidak semestinya, ini akan merepotkan para pengguna jalan lainnya, seperti menggunakan jalur tengah atau melaju di jalur kanan, ini tentunya sangat berbahaya, karena bisa terjadi bersenggolan bahkan terjadi kecelakaan, nah ini jangan sampai Anda lakukan di jalan raya.

Bagaimana waktu yang tepat menyalip kendaraan di depan kita saat bersepeda di jalan raya? Jika Anda ingin menyalip kendaraan di depan, pastikan jalur kanan yang Anda lalui sedang sepi, atau memang lagi kosong, sehingga Anda lebih mudah untuk menyalip, agar tidak mengganggu pengendara di belakangnya.

Hati-hati saat menyalip kendaraan didepan, pastikan Anda memiliki stamina dan kecepatan untuk menyalip, agar Anda terhindar dari rute jalan yang berbarengan. Gunakan tanda atau lampu saat bersepeda di malam hari, agar para pengendara jalan lainnya bisa mengetahui Anda saat bersepeda.


Bagaimana bersepeda di jalan raya saat berbarengan atau berkelompok? Anda cukup bersepeda beriringan, atau berpeleton berbaris dari depan ke belakang, dan ini sangat efektif saat bersepeda di jalan raya, karena bersepeda berkelompok harus teratur, jika tidak maka akan mengganggu pengendara yang lain.

Sebagaian orang ada yang mengabaikan hal ini, mereka bersepeda dengan sesuka hatinya, tanpa menghormati para pengguna jalan lainnya. Jalan raya atau jalan umum yang ramai itu sangat riskan terjadinya kecelakaan, maka jangan sampai Anda melakukan hal yang fatal saat bersepeda di jalan raya.

Bagaimana posisi bersepeda saat mendapati lampu lalu lintas? Jika Anda bersepeda di jalan raya ibukota, pasti akan mendapati lampu merah, maka Anda harus berhenti. Apabila Anda berada paling depan, usahakan ambil posisi jalur kiri, agar saat lampu hijau menyala Anda tidak menghalangi pengendara yang di belakangnya.

Aturan lampu lalu lintas di peruntukan bagi pengendara baik itu bus, mobil, motor dan angkutan umum lainnya wajib berhenti saat lampu merah menyala. Bagai mana dengan sepeda? Aturan lampu lalu lintas juga diperuntukan bagi pesepeda, jadi bagi para pesepeda yang mendapati lampu merah harus berhenti juga.

Jangan sekali-kali menerobos lampu merah, ini akan berakibat fatal, karena bisa terjadi tabrakan. Penulis juga masih sering mendapati para pesepeda yang menerobos lampu merah, semoga dengan tulisan ini mereka akan lebih sadar dan aware terhadap aturan dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Demkian ulasan tentang mengenai bersepeda di jalan raya, Semoga tulisan ini bisa menjadi edukasi bagi para pesepeda, dan terima kasih juga telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas"


Tinggalkan Komentar Disini