Cara Mengatasi Mysql Fail di Ubuntu Server

Cara Mengatasi Mysql Fail di Ubuntu Server
Picture by : wibloog.com
06 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Haloo sobat linuxer, beberapa hari ini penulis mendapati pesan error di mysql server, pada kesempatan kali ini penulis menggunakan distro linux yaitu Ubuntu Server, nah kejadian ini sudah sering penulis alami, masalahnya adalah pada saat mati lampu, dan backup listrik ups tidak mampu bertahan lama, sehingga komputer server mati, dan pada saat itu lupa mematikan server dikarenakan listrik tak kunjung hidup.

Nah untungnya penulis sudah membuat backup otomatis database dalam satu jam sekali, dimana data tersebut bisa kita gunakan untuk backup sewaktu - waktu ada masalah dengan database di server.

Kegagalan pada mysql server diakibatkan corupt atau sebagian struktur pada tabel hilang di akibatkan mati listrik yang sering berulang-ulang, sehingga saat starting mysql server menjadi gagal. Untuk menjaga server berjalan dengan stabil dibutuhkan listrik dan backup daya cadangan listrik yang baik agar komputer server tidak mati secara paksa.

Berikut dibawah ini Cara Mengatasi Mysql Fail di Ubuntu Server.


Langkah dibawah ini merupakan alternatif terakhir untuk mengatasi mysql fail yang di akibatkan corupt, sehingga data tidak bisa dikembalikan, dan data yang ada di database akan hilang.

sudo /etc/init.d/mysql stop
sudo rm /var/lib/mysql/ibdata1
sudo rm /var/lib/mysql/ib_logfile (dan hapus ib_logfile lainnya yang mungkin dinamai ib_logfile0, ib_logfile1dll ...)
sudo /etc/init.d/mysql start

Silakan create database baru, atau drop tabel yang ada di database yang lama, kemudian import database yang di backup sebelumnya. 

Demikian tutorial ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Cara Mengatasi Mysql Fail di Ubuntu Server"


Tinggalkan Komentar Disini