Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda

Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Picture by : freepik.com
12 Juni 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Beberapa hari kemarin tepatnya awal Juni 2021 Google melakukan pembaharuan Algoritma Google, dimana mereka ada update beberapa hal penting yang di lakukan oleh google mengenai performa web, layout dan konten yang ada pada sebuah website.

Sebagai blogger pasti akan melakukan pengecekan terhadap blognya, apakah optimasinya selama ini berjalan dengan baik, nah disini penulis bantu sharing tentang bagaimana cara cek untuk mengetahui performa blog atau website Anda.

Penulis juga masih berusaha melakukan optimasi pada blog ini, dimana ada beberapa komponen yang penulis belum bisa optimasi secara maksimal, tetapi ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk melakukan improve SEO dan performa blog Anda menjadi lebih baik.

Dengan menggunakan browser Google Chrome, Anda bisa melakukan beberapa komponen yang di audit seperti performa atau kecepatan blog, kemudian aksesibilitas, kapraktisan dan penggunaan kode html, SEO dan Iklan.

Berikut dibawah ini Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda dengan menggunakan browser google chrome.

1. Developer Tools


1. Developer Tools

Untuk membuka menu developer tools Anda harus membuka aplikasi browser Google Chrome terlebih dahulu, kemudian silakan bukan website Anda, selanjutnya silakan pilih salah satu artikel atau berita di blog Anda, kemudian Klik menu opsi pada kanan atas kemudian pilih More Tools > Developer Tools atau Anda bisa menggunakan jalan pintas F12 atau (Ctrl + Shift + I), caranya bisa Anda lihat gambar di atas.

2. Lighthouse

2. Lighthouse

Setelah tampil halaman develepor tools, biasanya muncul slide dari sebelah kanan di browser Anda, Selanjutnya silakan pilih tab menu Lighthouse, untuk lebih detailnya bisa Anda lihat gambarnya di atas.

3. Generate Report


3. Generate Report

Tahap selanjutnya adalah melakuan Generate Report, disini Anda harus melakukan proses audit pada halaman yang terbuka di browser Anda, jangan buka tab yang lain untuk melakukan proses tersebut agar proses autditnya berjalan dengan normal. Anda bisa melakuan optimasinya untuk platform versi mobile dan desktop, kali ini silakan gunakan opsi untuk platform mobile, untuk kategorinya silakan di centang semua, agar bisa mengetahui hasil performa, seo dan yang lainnya.

Untuk mendapatkan hasil report auditnya, silakan tunggu beberapa detik proses generate.

4. Hasil Audit

4. Hasil Audit

Hasil audit diatas bisa kita jadikan sebagai referensi perbaikan seo on page Anda, dimana ada beberapa kategori yang harus diperhatikan, disini penulis mencoba akan menjelaskan apa saja yang dari hasil audit diatas, dimana kita mendapatkan nilai persentasi dari setiap kategori.

  • Performance pada bagian ini Anda harus memperhatikan beberapa detail seperti kecepatan loading website, respon server, optimasi konten atau element gambar, selanjutnya Anda bisa memperhatikal CLS Anda, karena saat ini layout dari halaman blog atau website itu di perhatikan saat membuka halaman blog apakah berubah posisinya.
  • Accessibility pada kategori ini Anda bisa memperhatikan element-element tag html, mulai dari struktur heading, bahasa, atribut gambar, nama-nama tombol dan link, apakah sudah diterapkan dengan benar.
  • Best Practices selanjutanya pada kategori ini Anda harus memperhatikan penggunaan css atau javascript dari pihak ke tiga yang uptodate, kemudian rasio gambar apakah sudah sesui dengan yang di tampilkan, resolusi gambar juga harus di perhatikan, apakah sudah menggunakan HTTPS dam browser yang di gunakan.
  • SEO Selanjutnya ada kategori seo, pada bagian ini harus Anda benar-benar melakukan optimasi, mulai dari judul, deskripsi, keyword, indexing, penggunaan robot.txt, elemen gambar alt, hreflang link yang digunakan dan link canonical yang digunakan.
  • Ads atau iklan, Anda harus menempatkan posisi iklan dengan benar, apakah posisi iklan menutupi konten, jumlah iklan yang di tampilkan, ukuran ideal iklan yang di tampilkan, tidak ada aktivitas blok iklan. Intinya penempatan dan ukuran yang benar dan jumlah iklan yang tidak terlalu banyak sudah cukup.

Demikian tutorial ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website
Desain dan Tampilan Blog Yang Menarik itu Penting
Pilih Mana Blog Gado Gado atau Satu Niche
Apakah Profesi Blogger Masih Menjanjikan di Tahun 2021
Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger
Cara Buat Link WhatsApp di Website atau Blog
Realita Jadi Seorang Programmer

Ada 0 Komentar di "Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda"


Tinggalkan Komentar Disini