Cabang Olahraga yang Pernah Juara Dunia dari Indonesia

Cabang Olahraga yang Pernah Juara Dunia dari Indonesia
Picture by : freepik.com
07 Maret 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Atlet Indonesia pernah menjadi juara dunia lho, dimana olahraga tersebut adalah kategori lari, badminton, tinju, panjat tebing dan balapan, sejatinya kita memang harus bisa bersaing dengan negara negara lain, apalagi bisa membawa merah putih berkibar di negeri orang dan menjadi kebanggaan tersendiri untuk diri sendiri dan bangsa.

Penulis sendiri juga seorang atlet lho, atlet badminton kampung maksudnya, dan pernah menjuarai olahraga tahunan, yaitu 17 Agustusan, biasa ada mengadain turnamen tingkat kelurahan, dan menang menjadi juara itu beda rasanya, apalagi jurara tingkat dunia, itu sungguh luar biasa.

Cari tahu Atlet Cabang Olahraga yang Masuk Menjadi juara dunia dari Indonesia, yuk mari cari tau infonya di bawah ini.

Cabang Olahraga Lari 100 M


Olahraga yang pertama adalah Pelari, Lalu Muhammad Zohri salah satu seorang atlet lari 100 M asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, dia pernah memenangi lomba Lari 100 M World IAAF U20 di Tampere - Finland, yang di ikuti oleh berbagai negara Jepang, Jamaika, Amerka Swedia Jepang dan negara lainnya, Lalu Zohri berhasil melewati garis finis dengan catatan waktu 10,18 detik, Ia mengalahkan dua atlet Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang menduduki urutan dua dan tiga, dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik.

Balapan Formula 2

Selanjutnya ada olahraga balapan yaitu Riyo Haryanto salah satu atlet balap Formula 2 yang pernah Podium pertama kalinnya saat melakukan debut balapan di Bahrain pada 17-18-19 April 2015 yang masih berumur 17 tahun, selanjutnya tren positifnya berlanjut di Austria dan Silverston, dengan membawa nama besar Indonesia, yang di dukung oleh perusahaan Pertamina Indonesia.

Rio Haryanto memiliki skill dan pengalaman mental yang baik, dan di buktikannya saat balapan di Bahrain yang menjadi podium pertamanya, yang mampu mengalahkan pembalap lain yang notabenya lebih di unggulkan.

Panjat Tebing


Cabang olahraga selanjutnya adalah Panjat Tebing,  Yaitu satu satunya atlet panjat tebing wanita dari Indonesia yaitu Aries Susanti Rahayu yang berhasil menjadi Juara Dunia setelah mengalahkan Elena Timofeeva dalam kejuaraan panjat tebing tingkat dunia IFSC World Cup 2018 di Chongqing di Tiongkok.

Aries Susanti Rahayu lahir di daerah Grobogan Jawa Tengah, 21 Maret 1995, dan ia kini di juliku "Spiderwomen", dan tak sampai disitu, ia juga meraih medali emas dalam olahraga panjat tebing pada ajang Asian Games 2018.

Tinju

Tinju

Gambar oleh : republika.co.id

Selanjutnya ada olaraga Tinju, nama Chris John sudah tidak asing lagi kita dengar, ya.. dia adalah salah satu petinju Indonesia, dia meraih gelar juara pertamanya di Kelas Bulu WBA, Chris John pada waktu itu mendapat kesempatan melawan Oscar Leon dari Kolombia pada 26 September 2003 yang di adakan di Bali. Chris John menang angka tipis selama bertanding 12 ronde, dan dinyatakan berhak menyandang gelar juara dunia WBA sementara.

Selanjutnya Chris John melanjutkan kemenengannya menjadi juara dunia kelas WBA, Chris John mengalahkan lawannya Osamu Sato (Jepang) di Ariake Colliseum di Tokyo, Jepang, pada 4 Juni 2004 dengan menang angka mutlak atas lawannya, dan ini menjadi pertandingan yang amat serius baginya, karena gelar sebelumnya masih di anggap menyandang gelar sementara.

Selain Chris John juga masih banyak petinju tanah air yang meraih gelar juara dunia, seperti Ellyas Pical, Nico Thomas, Daud Yordan dan Tibo Monabesa.

Badminton

Badminton adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak di gemari di tanah air, tidak heran jika banyak sekali di Indonesia melahirkan putra putri terbaik, yang menjuarai olahraga badminton di kancah dunia.

Salah satunya adalah Taufik Hidayat asal Bandung lahir pada tanggal 10 Agustus 1981, ia merupakan pemain bulu tangkis tunggal putra terbaik Indonesia, ia meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena 2004 dengan mengalahkan Seung Mo Shon dari Korea Selatan di babak final.

Selain Taufik Hidayat deretan nama pemain bulu tangkis terbaik Indonesia yaitu mulai dari Icuk Sugiarto, Rexy Mainaky, Ricky Subagja, Susi Susanti, Markis Kido, Ahsan dan Hendra, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon mereka adalah pemain yang memiliki talenta dan semangat dalam memperjuangkan gengsi mereka dimata dunia dalam olahraga bulu tangkis.

Silat

Cabang olahraga Pencak Silat merupakan salah satu seni bela diri dari Indonesia, dan pastinya pencak silat menjadi kebanggan tersendiri, karena memang sudah menjadi tradisi juara di kancah kejuaraan dunia, dan cabang olahraga ini selalu di adakan di ajang Sea Games.

Salah satu atlet pencak silat Indonesia yang ikut kejuaraan dunia yaitu Suci Wulandari, ia meraih medali emas di ajang Sea Games 2019 Manila, Filipina. Selanjutny ada Yuliana yang baru-baru ini mengharumkan tanah air, ia merih medali emas di Kejuaraan Pencak Silat Dunia tingkat Junior 2018 di Thailand (2018).

Dan masih banyak lagi atlet-atlet pencak silat Indonesia yang sukses ikut kejuaraan dunia pencak silat.

Selain cabang olahraga diatas, masih banyak lagi yang tidak penulis sebutkan prestasi prestasi anak bangsa yang sudah mengharumkan Indonesia di kancah kejuaraan dunia, Semoga ini artikel ini menjadi penyemangat anak-anak muda yang memiliki hobi olahraga. Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait
Deretan Sepeda Trail Seri SISKIU Terbaik Polygon
SISKIU T7 Sepeda Trail Kelas Menengah Terbaik
Daftar Jadwal Turnamen BWF Badminton Sepanjang Tahun 2020
Ini Dia Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik Dunia
Fakta Menarik Juara demi Juara Ahsan dan Hendra di Tahun 2019
Top 10 World Standing Terbaik WorldSSP300
Top 10 Pemain Badminton Ganda Putra Terbaik Dunia 2019
Top 10 World Standing Terbaik Motogp 2019

Ada 0 Komentar di "Cabang Olahraga yang Pernah Juara Dunia dari Indonesia"


Tinggalkan Komentar Disini