Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya

Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya
Picture by : freepik.com
27 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) salah satu fasilitas yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi baik itu tarik tunai, transfer, pembayaran dan lain sebagainya. Fasilitas ini di dapatkan karena kita memiliki tabungan disebuah bank seperti bank Mandiri, BRI, BNI, BSI dan Bank lainnya.

Setiap bank memiliki aturan dalam bertransaksi dan penggunaan kartu yang di terbitkan oleh bank, baik itu kartu debit maupun kredit.

ATM Link merupakan ATM milik 4 (empat) Bank Negara yang tergabung dalam himpunan Bank Negara atau sering di sebut Bank Himbara yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang bertanda logo ATM Link.

Mungkin sebagian ada yang bingung tentang tarif yang akan di berlakukan pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang, dan memang ATM Link sudah lama memfasilitasi dan beroperasi, perlu di ketahui bahwa Biaya untuk transaksi transfer antar Bank Himbara di seluruh jaringan ATM Link yaitu sebesar Rp 4.000, dan biaya ini lebih murah ketimbang penggunaan ATM Lainnya.


Apakah cek saldo dan tarik tunai di ATM di kenakan biaya? Jawabanya "Tidak", Dikenakan biaya apabila Anda menggunakan fasilitas ATM bank lain yang bukan bank tempat penyimpanan uang Anda.

Misalkan Anda memiliki kartu debit Bank Mandiri, Anda tidak akan dikenakan biaya selama Anda menggunakan jaringan ATM Mandiri, aturan dan tarif biaya tidak ada perubahan sama sekali, yang berubah adalah jaringan ATM yang memiliki logo Link.

Informasi yang berkembang tentang pemberlakuan biaya saat tarik tunai dan cek saldo di ATM itu adalah khusus jaringan ATM Link yang memiliki logo Link seperti gambar dibawah ini.

ATM Link

Pict source : lombokpost.jawapos.com

Jika Anda perhatikan gambar diatas, merupakan Jaringan ATM Link yang memiliki logo Link pada pojok kanan atas, dengan desain bingkai kotak berwarna merah. Jadi Anda harus benar-benar perhatikan saat melakukan transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Berikut di bawah ini merupakan mesin ATM yang bukan jaringan ATM Link, Anda bisa perhatikan disana tidak ada desain yang menggambarkan bahwa itu adalah ATM Link , karena desain kotaknya merupakan dari ATM Bank Mandiri, walau ada logo link kecil disana, nah itu memang karena bank mandiri bekerjasama dengan link.

atm bank mandiri

Jadi Anda harus jeli dan memperhatikan saat akan melakukan transaksi di mesin ATM, nah biasanya ATM yang officialnya dari banknya itu disediakan di setiap bank, tempat umum, kampus, mall, minimarket dan di tempat-tempat lainnya.

Kenapa Link bisa memiliki ATM? Iya, Karena mereka mencari peluang bisnis lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), jadi mereka memfasilitasi jaringan ATM di seluruh Indonesia dengan menerapkan tarif murah pada bank yang tergabung seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN dengan berlogo Link.

Jika pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang akan di berlakukan biaya saat cek saldo dan tarik tunai, maka aturan tarif tersebut hanya berlaku untuk ATM yang memliki jaringan logo Link.

Nah dari sini kita sudah tahu, bahwa aturan tarif biaya tersebut hanya untuk jaringan ATM Link. Bagaimana jika sudah di berlakukan dan Anda tidak ingin dikenakan tarif biaya tersebut? Jawabanya : Anda tinggal cari ATM Bank sesuai dengan dimana Anda menyimpan, dan pastikan ATM yang Anda kunjungi benar-benar fasilitas dari bank tersebut yang tidak ada logo Link nya atau Lebih mudah Anda bisa menggunakan fasilitas aplikasi Mobile Banking.

Tips selanjutnya jika Anda tidak ingin di kenakan biaya tarif tersebut, Anda bisa langsung datang ke cabang Bank terdekat di kota Anda dengan membawa buku tabungan dimana tempat Anda menabung dengan bank yang sama.


Jaringan ATM Link sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, dimana jaringan tersebut berjumlah 53 ribu ATM, dan jika kita perhatikan hampir diman-mana Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdapat logo Link baik itu ATM Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

Pihak jaringan ATM Link sepertinya akan mengambil bisnis dengan memfasilitasi mesin ATM dengan memberlakukan tarif biaya setiap transaksi yang melakukan cek saldo dan tarik tunai pada bank yang telah bekerjasama yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang berlogo Link.

Transaksi transfer dan cek saldo saat ini memang sudah bisa dilakukan lewat mobile banking, sehingga tidak perlu lagi menggunakan mesin ATM, hanya saja untuk tarik tunai yang tidak bisa di lakukan lewat perangkat mobile.

Nah bisa jadi imbas dari aplikasi tersebut, pihak ATM Link akan memberlakukan biaya saat tarik tunai dan cek saldo untuk meningkatkan produktivitas pendapatan mereka dalam menyediakan layanan jaringan ATM.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya"


Tinggalkan Komentar Disini