7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Optimal

7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Optimal
Picture by : freepik.com
09 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Mengingat usia 0-5 tahun atau usia dini adalah masa-masa golden age bagi anak kecil, mendidik anak usia dini adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, stimulasi yang Anda berikan kepada anak bisa menyebabkan perubahan yang optimal pada anak usia dini.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Sebagai salah satu aset yang berguna untuk memajukan negara. Sebab itulah, pendidikan harus dilakukan sejak anak masih berusia dibawah 5 tahun. Untungnya, sebagai orang tua, Anda tidak perlu bersusah-payah lagi untuk mengajarkan anak Anda secara mandiri. Sebab, saat ini sudah ada pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dikhususkan untuk mendidik anak usia dini.

Tujuan utama dari PAUD adalah mengembangkan berbagai minat dan potensi anak sejak usia dini. Hal ini dimaksudkan, agar anak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya nanti.


Selain itu, ada 4 alasan mengapa pentingnya cara mendidik anak sesuai umur.

  1. PAUD memiliki metode yang sangat baik untuk melatih keterampilan motorik dan fisik si kecil. Perkembangan fisik anak, misalnya keterampilan motorik kasar dan halus, umumnya akan sangat terlatih pada usia ini.
  2. Anak-anak akan diajari bagaimana hidup di lingkungannya, menghadapi masalah dan mencari solusi. 
  3. Anak-anak akan diajarkan bagaimana berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Dengan demikian, keterampilan sosialnya juga meningkat. 
  4. Melalui pembelajaran dan bermain PAUD, balita dapat belajar berkomunikasi dengan orang lain dan belajar mengekspresikan imajinasi, emosi dan pikirannya melalui bahasa yang baik.


Untuk membantu si kecil tumbuh dan berkembang secara optimal, Anda juga perlu rajin membantunya dengan mengulang materi dari PAUD di rumah secara rutin. Tujuannya, tentunya untuk membiasakan anak dengan materi yang diajarkan oleh gurunya di PAUD.

Selain itu, jangan paksa mereka belajar, jika suasana hatinya sedang tidak bagus. Hal ini malah akan membuat anak mudah marah dan rewel tidak mau belajar lagi di kemudian hari. 

Tips Mendidik Anak Usia Dini
Nah, buat Anda yang mempunyai anak berusia dini. Berikut ini beberapa tips mendidik anak usia dini yang bisa Anda jadikan pedoman saat menemani pertumbuhan anak berusia emas.

1. Beri Kasih Sayang yang Cukup
Hal utama yang harus Anda dalam materi parenting anak usia dini adalah memberikan kasih sayang yang cukup. Sebab, gaya pendidikan yang otoriter akan menjadi penyebab pemberontakan di kemudian hari.

2. Ajak Bermain Bersama
Kemampuan anak dalam menyerap hal-hal baru akan lebih cepat jika dibarengi dengan bermain. Sebab itulah, untuk selalu mengajarkan anak melalui permainan kreatif, agar anak bersemangat saat belajar.
Sebagai contoh, Anda bisa mengajarkan cara berhitung, melalui permainan menghitung balok kayu. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya bermain di taman sambil menghitung berbagai hal yang ada di taman.

3. Beri Pujian
Setelah si kecil berhasil melakukan apa yang Anda ajarkan, beri mereka pujian agar anak lebih percaya diri dengan kemampuan mereka. Selain itu pujian dari Anda, juga bisa menjadi motivasi yang baik untuk si kecil.

4. Beri Contoh yang Baik
Selain mengajarkan, sebagai orang tua, Anda juga harus memberikan contoh yang baik untuk anak. Hal ini disebabkan, cara mendidik anak usia dini yang baik dan benar adalah dengan memberikan contoh secara langsung. 
 

5. Jadi Pendengar yang Baik
Anak kecil sangat suka sekali bercerita. Sebab itulah, sebagai orang tua, ada baiknya Anda selalu mendengar dan merespon dengan cara yang positif. Selain itu, selalu tanyakan juga kegiatan yang dilakukan si kecil dalam seharian ini, untuk menanyakan perasaannya.

6. Gunakan Kalimat Positif
Bila Anda ingin memberikan kewajiban atau tanggung jawab kepada anak di rumah. Usahakan untuk tidak menggunakan kata “Jangan” untuk melarang anak dalam melakukan sesuatu. Ada baiknya Anda mengganti kalimat suruhan menjadi kalimat anjuran.

Sebagai contoh, ketika anak tidak mau mengkonsumsi sayur-sayuran. Jangan gunakan kalimat “Jangan pilih-pilih makanan”, sebaiknya gunakan kalimat “ Mama lebih suka jika kamu menghabiskan sayurannya juga”. Selain itu, selalu gunakan intonasi yang lembut saat berbicara dengan di kecil.

7. Hindari Menanamkan Hal Negatif
Salah satu hal negatif yang tidak boleh dilakukan adalah menakut-nakutinya. Walaupun anak Anda akan menuruti setiap ancaman yang Anda berikan, akan tetapi hal ini akan berdampak buruk untuk pertumbuhan anak.

Itu dia beberapa tips mendidik anak usia dini yang perlu Anda perhatikan. Selain ketujuh tips tersebut, selalu dukung setiap hal yang dilakukan oleh anak Anda. Sebab, usia dibawah lima tahun adalah saat si kecil suka mengeksplorasi lingkungannya.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Optimal"


Tinggalkan Komentar Disini