5 Komponen Plugin Wordpress untuk Formulir Kontak Terbaik

5 Komponen Plugin Wordpress untuk Formulir Kontak Terbaik
Picture by : freepik.com
12 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Apakah kamu sedang mencari plugin Wordpress untuk menambahkan formulir kontak di website? Plugin Wordpress adalah ekstensi yang nantinya akan ditambahkan yang fungsinya untuk mengembangkan fungsi utama dari Wordpress. Salah satu contoh yang paling banyak dicari adalah formulir kontak. 

Lalu manakah plugin Wordpress terbaik yang digunakan tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena plugin ini ada yang gratis tapi ada juga yang berbayar. Mana yang tepat bisa kamu pilih, ketahui dulu macam-macamnya di sini. 

5 Komponen Plugin Wordpress untuk Membuat Formulir Kontak 

Adanya formulir kontak dalam sebuah website kini sudah menjadi hal yang biasa bahkan dikatakan wajib. Bukan hanya berfungsi pada website bisnis miliki perusahaan tetapi juga web pribadi. 

Melalui fitur contact form inilah visitor bisa menghubungi pemilik website dengan lebih mudah. Misalnya saja untuk mendaftar suatu acara yang sedang diselenggarakan atau meminta servis dari produk yang dibeli. 

Manfaat dari plugin Wordpress untuk membuat contact form bukan hanya itu saja. Tetapi juga aktif selama 24 jam sehingga kapanpun visitor ingin menghubungi tinggal mengisinya. Selain itu data yang diterima aman dan menghindari spam yang sering masuk. 

Lalu apa saja plugin yang bisa kamu pilih? Berikut ini jenis-jenisnya. 

1. Contact Form 7


Merupakan plugin Wordpress free yang benar-benar tidak menyediakan versi berbayar. Plugin ini termasuk yang terbaik dan terlaris bahkan telah digunakan 5 juta website lebih. Beberapa kelebihannya antara lain bisa membuat desain secara fleksibel dan adanya fitur captcha untuk mengurangi spam. 

Kekurangan hanyalah dibutuhkan pengetahuan teknis. Contohnya saja untuk membuat desain lain dibutuhkan pengeditan pada bahasa pemrograman. Tapi jika tak ingin repot bisa menggunakan formulir siap pakai. 

2. Caldera Forms

Plugin Wordpress yang satu ini juga sudah digunakan oleh 200rb lebih website. Hanya saja plugin ini berbayar jika ingin mendapatkan semua fiturnya. Tapi ada juga freemium bagi kamu yang tak ingin keluar uang. 

Tampilan dari plugin ini cukup responsif dan formulirnya enak dilihat. Keuntungannya, pada versi gratisan kamu sudah bisa mendapatkan fitur anti spam tanpa menggunakan captcha lagi. Ada juga fitur search form yang memudahkan kamu memilih desain.

3. WPForms


Pilihan lain yang kebanyakan digunakan oleh blogger pemula. Plugin ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Beberapa fitur yang membuatnya banyak digunakan antara lain memberikan notifikasi instan apabila ada visitor yang mengisi formulir. Jadi bisa langsung melakukan pengecekan. 

Ada juga fitur untuk menambahkan gambar atau file lainnya ke dalam formulir untuk menambahkan informasi. WPForms juga menyediakan template bawaan untuk mempermudah jika tak mau ambil pusing mendesain yang baru. 

4. Jetpack Contact Forms

Plugin Wordpress yang cukup populer dan terdiri dari 30 modul. Jadi sekali menggunakan Jetpack bukan hanya formulir kontak saja yang didapatkan tetapi juga fitur lainnya. Untuk keamanan, plugin ini juga mendukung plugin Akismet sehingga membuat formulir yang masuk terbebas dari spam. 

Fitur lainnya adalah pengiriman email dari Jetpack sebagai pemberitahuan dan respon dari contact form. Kamu cukup memasukan alamat email saja untuk mendapatkan notifikasinya. 

5. Formidable Forms


Ada banyak fungsi dasar yang dihadirkan oleh plugin ini sama dengan plugin lainya. Formidable Forms juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Bedanya untuk versi gratis tampilannya sangat responsif untuk mobile. 

Terdapat fitur drag and drop form builder yang akan membantu para blogger pemula. Fitur lainnya adalah adanya visualisasi bentuk data dari formulir yang telah diisi serta dianalisis. Formulir yang disajikan juga memiliki fitur pengisian otomatis.

Jadi visitor yang hendak mengisi tak perlu lagi menulis karena plugin akan bekerja untuk memasukan informasi pribadi mereka. Contoh seperti alamat email. Selain itu plugin ini juga menyediakan kolom konfirmasi yang perlu diisi oleh visitor guna meminimalisir kesalahan data. 

Inilah beberapa rekomendasi plugin Wordpress yang berfungsi untuk menambahkan formulir kontak dalam website kamu. Jadi kamu tak perlu bingung lagi untuk bisa berinteraksi dengan visitor demi meningkatkan user experience. Kamu tinggal pilih saja mana plugin yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. 




Artikel Terkait
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Tips Optimasi Blog Wordpress Demi Meningkatkan Kecepatan Website
Desain dan Tampilan Blog Yang Menarik itu Penting
Pilih Mana Blog Gado Gado atau Satu Niche
Apakah Profesi Blogger Masih Menjanjikan di Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "5 Komponen Plugin Wordpress untuk Formulir Kontak Terbaik"


Tinggalkan Komentar Disini