11 Tips Sebelum Beli iPhone Bekas yang Perlu Anda Ketahui

11 Tips Sebelum Beli iPhone Bekas yang Perlu Anda Ketahui
Picture by : freepik.com
20 Maret 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Mungkin Anda sedang merencanakan ingin membeli iPhone bekas, tapi masih bingung belinya dimana, harganya berapa, tipenya, original apa tidak dan lain sebagainya. Apalagi masih pertama sekali ingin membeli jenis iPhone, sehingga Anda merasa bingung untuk membelinya.

Beli iPhone bekas kita harus benar-benar mengetahui tentang kondisi sebenarnya, agar nanti kita tidak menyesal kemudian saat membelinya, setiap akan melakukan pembelian kita harus tahu dulu barang yang akan dibeli, agar kita lebih mudah riset spesifikasi iPhonennya.

Berikut dibawah ini 11 tips beli iphone bekas yang perlu diketahui dan apa yang harus di cek saat beli iphone second, agar Anda tidak merasa kecewa saat mendapatkan iPhonenya.

 


1. Jenis atau Seri iPhone

Sebelum membeli iPhone kita harus tahu dahulu seri apa yang akan di beli, ditahun 2021 ada beberapa seri iPhone yang masih bisa dan layak dipakai, yaitu mulai iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8, iPhone X dan iPhone 11.

Setiap seri memiliki harga yang berbeda-beda, dan biasanya seri iPhone bekas yang masih baru biasanya lebih mahal, ketimbang seri lama. Jika budget Anda pas-pasan, Anda bisa memilih seri iPhone 6 dan iPhone 7, karena harganya saat ini relatif murah.


2. Toko atau Lapak Jual Beli

Beli iphone bekas kita harus selektif memilih toko atau lapak yang akan kita kunjungi, iPhone bekas yang djual di toko biasanya sangat sulit ditemukan, karena memang peminat iPhone lebih sedikit dibanding ponsel android, nah biasanya yang menjual seri iPhone kebanyakan hanya ada di toko tertentu saja, dan pastikan toko yang di inginkan sudah terpercaya.

Jika Anda menginginkan beli secara online, yang perlu di perhatikan adalah melihat reputasi toko onlinenya, dan melihat ulasan serta rating dari pembelinya, karena ulasanya yang ada dilapak tersebut bepengaruh pada kualitas iPhone yang dijual.

3. Kondisi iCloud

Jangan sesekali membeli seri iPhone yang mengalami iCloud terkunci, Activation lock atau account iCloud tersebut tertinggal di sistemnya, karena iPhone yang mengalami iCloud terkunci tidak bisa melakukan install apalikasi dan autentifikasi pengaturan sistem.

Nah pastikan bahwa iPhone yang akan di beli benar-benar bersih, dan pada saat membeli iPhone pastikan Anda bisa melakukan setup akun iCloud sendiri yang kita miliki, jika belum memiliki akun Anda bisa membuatnya disini.

Melihat icloud yang benar benar kosong, silakan Anda masuk ke Menu Settings, kemudia Anda cek pada bagian Apple ID, iCloud pada menu paling atas.


4. Baterai Health

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah kondisi baterai, Anda bisa melakukan pengecekan sendiri pada saat akan membeli iPhone tersebut atau menanyakan kepada pemiliki lapak kondisi baterai health. Paling minimal kondisi baterai health yang bagus itu adalah 80% keatas, jika dibawah 80% Anda harus berpikir ulang untuk membelinya.

Untuk melihat baterai health cukup dengan masuk ke menu Settings>Battery>Battery Health, kemudian silakan lihat pada bagian menu Maximum Capacity.

5. Kondisi Layar

Kondisi layar pada iPhone harus di perhatikan, jika Anda ingin membeli iPhone bekas di toko, mimin sarankan silakang cek layar, apakah ada shadow (berbayang), kemudian layar iPhone kuning, selanjutnya jangan lupa cek juga apakah ada dead fixel pada layar dan pastikan kondisi layar saat di swap memiliki responsive yang bagus.


6. Garansi

Sebelum membeli iPhone bekas, Anda harus memperhatikan garansi, ini sangat penting, karena barang bekas tidak bisa jamin 100%, caranya Anda menanyakan kepada penjualnya mengenai garansi iPhone tersebut. Garansi iPhone bekas biasanya tidak lama antar 1 minggu hinggal 1 bulan.

Kemudian Anda jangan lupa juga menanyakan tentang perbaikan, jika ada masalah dengan iPhone dalam masa garansinya, agar untuk pergantian part atau unit bisa dilakukan dengan mudah.

7. Kualitas Bodi iPhone

Sebelum membeli iPhone bekas Anda, pastika kualitas bodinya, apakah masih terasa solid dan tidak ada bagian bagian yang longgar atau tombol tombol yang tidak berfungsi, Anda bisa mencobanya saat di toko.

Jika Anda pembelian secara online, kondisi iPhone bekas biasanya harus di tes terlebih dahulu saat kurir berada di tempat, hal ini agar tidak terjadi kerugian bagi pembeli.

8. Support IOS

Support iOS tentunya bergantung pada seri dan tipe iPhone yang akan dibeli, jika Anda menginginkan iPhone 7 ditahun 2021, maka tipe ini masih di support dengan iOS tebaru sekarang ini.

iPhone 6S, iPhone 6+, iPhone SE di tahun 2021 ini masih disupport iOS 14, jadi support iOS itu tergantung seri dan tahun pembuatannya, biasanya memiliki waktu 4 tahun dari barunya, tidak kemungkinan pihak Apple tetap memberikan update.

9. Kamera

Selanjutnya ada pada bagian kamera, sebelum membeli iPhone bekas, pastikan fungsi kamera berjalan dengan baik, karena jika pada bagian flash tidak berfungsi maka kamera tidak bisa digunakan sama sekali. Silakan Anda coba lakukan take photo plus menggunakan flash kameranya.

10. Adafter Carger dan Lightning Cable

Selanjutnya perhatikan adafter carger yang di berikan, apakah kondisi adafternya  palsu atau kw, usahakan apabila adafter yang digunakan bukan asli, mimin sarankan gunakan adaftar asli bawaan Apple, karena ini sangat berpengaruh pada keawetan baterai iPhone.

11. Bukan iPhone Refurbish

Nah tips yang terakhir adalah bukan iPhone rekondisi (refurbish) ataupun barang curian, jika Anda memilih barang refurbish ini amat disayangkan walau harganya miring sekalipun dengan grade A grade B apalah, ini akan berakibat fatal setelah pemakaian 1 hingga 3 bulan akan mengalami banyak masalah, mulai dari baterai kembung, layar susah di swap, cepat panas dan lainnya, usahakan jangan beli yang refurbish.

Jangan beli dari barang curian, ini akan banyak mengalami masalah, karena iPhone memiliki akun iCloud yang bisa dilacak keberadaannya, dan lebih fatalnya lagi iPhone tersebut bisa di lock oleh pemiliknya.

 

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga tips ini membantu Anda untuk merencanakan beli iPhone second, Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait
Apa itu iPhone CPO?
Cara Setting Hotspot di iPhone iOS 15 Terbaru
Pilih iPhone atau HP Android
Beli iPhone Baru atau Second, Berikut ini Ulasannya
5 Alasan Kenapa iPhone 12 Mini Sepi Peminat
Cara Batasi Backup Data iCloud di iPhone
iPhone 6S Pilihan Smartphone yang Masih di Support iOS 15
5 Alasan Kenapa iPhone Masih Banyak di Buru Walau Harga Mahal
Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Jangan Salah Pilih Kapasitas Penyimpanan saat Beli iPhone Bekas

Ada 0 Komentar di "11 Tips Sebelum Beli iPhone Bekas yang Perlu Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini